Jateng
Sabtu, 19 Agustus 2017 - 09:50 WIB

KAI Semarang Tambah Kapasitas KA Kamandaka

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemberangkatan KA Kamandaka Semarang-Purwokerto. (JIBI/Solopos/Antara/Idhad Zakaria)

KAI Daops IV Semarang menambah kapasitas KA Kamandaka rute Semarang-Purwokerto.

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, pada akhir pekan ini, menambah kapasitas Kereta Api (KA) Kamandaka untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang. “Weekend ini, kami akan tambahkan sebanyak satu KA kelas eksekutif pada KA Kamandaka relasi Semarang-Purwokerto PP,” kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Edy Kuswoyo di Semarang, Kamis (17/8/2017).

Advertisement

Ia menyebutkan satu KA kelas eksekutif itu berkapasitas 50 penumpang sehingga kalau biasanya KA Kamandaka hanya berkapasitas 544 tempat duduk akan bertambah menjadi 549 tempat duduk. Rencananya, kata dia, KA Kamandaka yang sudah menambah kapasitas itu akan dioperasikan mulai Jumat (18/8) untuk keberangkatan pukul 11.00 WIB sampai Senin (21/8/2017) untuk keberangkatan pukul 17.00 WIB.

“Tambahan kapasitas pada KA Kamandaka ini untuk memenuhi kebutuhan pelanggan KA, mengingat tingginya permintaan layanan KA pada saat ‘weekend’, mulai Jumat, Sabtu, dan Minggu,” katanya.

Menurut dia, sebenarnya selama ini setiap akhir pekan selalu terlihat tingginya animo masyarakat dalam menggunakan KA, terlihat dari tingkat keterisian penumpang yang selalu penuh. “Makanya, untuk akhir pekan ini kami tambahkan kapasitas agar semakin banyak masyarakat pengguna layanan jasa transportasi KA yang terlayani, terutama untuk KA Kamandaka,” katanya.

Advertisement

Untuk tarif, sebut dia, yakni Rp140.000/tempat duduk untuk rute Semarang-Purwokerto, atau sebaliknya, tetapi juga berlaku tarif parsial untuk tujuan-tujuan tertentu di sepanjang rute itu. Edy mencontohkan tarif dari Semarang-Weleri atau Pekalongan hanya Rp90.000/tempat duduk, kemudian Semarang-Pemalang atau Tegal diberikan tarif sebesar Rp120.000/tempat duduk, demikian sebaliknya.

Ia menambahkan penambahan kapasitas untuk kereta kelas eksekutif KA Kamandaka diharapkan semakin menarik animo masyarakat untuk menggunakan moda transportasi KA dalam bepergian. Artinya, kata dia, tingkat kepadatan dan kemacetan di jalan raya bisa lebih berkurang, dan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat juga lebih dengan menggunakan KA.

“Pembelian tiket untuk tambahan KA Kamandaka bisa dilakukan di loket stasiun, contact centre 121, situs resmi PT KAI, aplikasi di ponsel, dan ‘channel’ eksternal mitra KAI,” pungkasnya.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif