Lifestyle
Sabtu, 19 Agustus 2017 - 00:10 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Hati-Hati! 4 Kebiasaan Ini Bikin Varises di Kaki

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi varises di kaki (Everydayhealth.com)

Info hidup sehat kali ini tentang empat kebiasaan yang menyebabkan varises di kaki.

Solopos.com, SOLO – Pelebaran pembuluh darah yang terletak di bawah permukaan kulit kaki alias varises memang berbahaya. Selain tak sedap dipandang, varises umumnya menimbulkan rasa gatal dan nyeri pada kaki. Rasa nyeri ini kadang membuat Anda sangat kesakitan jika varises sudah parah.

Advertisement

Oleh sebab itulah varises dianggap sebagai masalah serius yang harus segera ditangani. Tapi, varises tentu tidak muncul begitu saja. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab pelebaran pembuluh vena itu. Nah, tahukah Anda apa saja yang menyebabkan varises? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Jumat (18/8/2017) di bawah ini:

Pakai sepatu hak tinggi

Memakai sepatu hak tinggi memang membuat wanita terlihat lebih anggun dan seksi. Namun, kebiasaan itu juga menimbulkan sederet masalah kesehatan, salah satunya varises. Memakai sepatu hak tinggi membuat aliran darah di betis tidak lancar, hingga menyebabkan varises. Sebaiknya, batasilah penggunaan sepatu hak tinggi, maksimal dua jam dalam sehari.

Advertisement

Duduk menyilangkan kaki

Duduk menyilangkan kaki dalam waktu lama juga bisa menimbulkan varises. Sebab, posisi itu memberikan tekanan di pinggul yang membuat pembuluh darah melebar. Kondisi ini akan semakin buruk jika Anda memakai sepatu hak tinggi. Bukan hanya pegal, lama-kelamaan akan ada pembuluh darah yang menonjol di kaki Anda.

Berdiri lama

Advertisement

Tuntutan pekerjaan yang mengharuskan Anda berdiri dalam waktu lama juga menyebabkan varises. Sebab, saat berdiri kaki akan menopang seluruh bobot tubuh. Hal ini menyebabkan darah berkumpul di satu titik yang membuat pembuluh darah melebar. Sebagai solusinya, gantilah posisi berdiri minimal 10 menit sekali. Majukan salah satu kaki secara bergantian untuk menopang bobot tubuh dan mencegah timbulnya varises.

Mengonsumsi banyak garam

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam ternyata juga menimbulkan varises. Kadar garam yang terlalu tinggi menyebabkan retensi air di tubuh. Jika dibiarkan, hal ini meningkatkan tekanan di pembuluh darah yang menyebabkan varises.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif