Sabtu, 19 Agustus 2017 - 03:55 WIB

HUT KEMERDEKAAN RI : 1 Napi di Kulonprogo Dinyatakan Bebas, 17 Terima Remisi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi serah terima berkas remisi narapidana (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

HUT Kemerdekaan RI, belasan napi di Kulonprogo mendapat remisi

Harianjogja.com, KULONPROGO — Sedikitnya 17 orang narapidana (napi) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Wates mendapat remisi umum (RU), pada peringatan HUT ke–72 Kemerdekaan Republik Indonesia. Satu di antara mereka dinyatakan bebas.

Advertisement

Remisi tersebut dinyatakan dalam Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, bagi 17 napi dari total 83 warga binaan yang menghuni Rutan. Dengan rincian RU I sebanyak 16 orang, dan RU II hanya untuk satu orang.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan, pemberian remisi merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah, untuk terus-menerus memenuhi kewajiban untuk ikut dalam pelaksanaan program pembinaan. Secara psikologis, pemberian remisi juga mempunyai pengaruh dalam menekan tingkat frustasi.

“Sehingga dapat meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas, Rutan, berupa pelarian, perkelahian, dan kerusuhan lainnya,” kata dia, saat Upacara Pemberian Remisi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan, dalam rangka peringatan HUT ke -72 Kemerdekaan RI, Kamis (17/8/2017).

Advertisement

Ia berharap, setiap napi mampu memiliki kemampuan menyesuaikan diri untuk kembali ke masyarakat dan ikut berperan aktif dalam pembangunan. Hal inilah yang kemudian melatarbelakangi pemerintah, untuk memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana. Bagi narapidana dan anak yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi, dan disiplin tinggi, dalam mengikuti program pembinaan dengan baik, serta telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Lebih jauh ia berpesan, bagi napi yang langsung bebas, dapat kembali ke masyarakat dan hidup di lingkungan masyarakat dengan baik. Serta tidak mengulangi perbuatan yang melanggar hukum.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif