Jateng
Sabtu, 19 Agustus 2017 - 06:50 WIB

Gubernur Jateng Jenguk Pasien Lumpuh setelah Imunisasi MR

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/Anis Efizudin)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjenguk Niken Angelia, siswi SMP Negeri 4 Demak yang lumpuh setelah imunisasi Measles Rubela (MR).

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (18/8/2017), menjenguk Niken Angelia, siswi SMP Negeri 4 Demak yang lumpuh setelah imunisasi Measles Rubela (MR). Niken kini dirawat di RSUP dr. Kariadi, Kota Semarang.

Advertisement

Ganjar datang ke RSUP dr. Kariadi, Kota Semarang dengan didampingi istrinya, Siti Atikoh. Niken yang dirawat di ruang perawatan anak lantai I rumah sakit itu, tepatnya di kamar nomor 9.

Di hadapan Yuli Suryaningsih, ibu kandung Niken Angelia, dan dokter Wistiani yang merawat Niken, Ganjar menanyakan perkembangan siswi SMPN 4 Demak itu. Ganjar tak lupa mengapresiasi kinerja tim medis.

Menurut Ganjar, karena kinwerja baik tim medis itulah, kondisi Niken mulai membaik. Kedua kaki Niken yang sebelumnya lumpuh, kata Ganjar yang dikutip Kantor Berota Antara, sudah mulai bisa digerakkan.

Advertisement

Berdasarkan catatan insan media massa, Niken Angelia mengalami kelumpuhan setelah mendapat vaksin campak dan rubella (MR) di sekolahnya, Rabu (2/8/2017) lalu. Imunisasi MR bagi 780 siswa SMPN 4 Demak itu ditangani tim medis Puskesmas II Mulyorejo.

Setelah mendapatkan imunisasi vaksin yang katanya bakal bermanfaat melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan, Niken nyatanya justru merasa pusing dan lemas. Ia merasa sakit mulai dari pinggang sampai kaki.

Niken pun lalu dilarikan dan dirawat di RSI NU Demak. Demi oenanganan yang lebih baik, ia lalu dirujuk ke RSUD Sunan Kalijaga, namun akhirnya ia dibawa ke RSUP dr. Kariadi, Kota Semarang. Di rumah sakit itulah, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menklaim Niken Angelia yang lumpuh setelah diimunisasi dengan vaksin MR itu telah membaik kondisinya.

Advertisement

Politikus PDI Perjuangan itu juga mengakui pihak rumah sakit saat ini sudah cukup responsif dalam menindaklanjuti berbagai hal yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. “RSUP dr. Kariadi punya respons yang cukup bagus dan saya menjalin komunikasi yang intens dengan dirutnya, bahwa satu-dua ada yang komplain kita tidak bisa dimungkiri,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga mengingatkan kepada masyarakat mengenai pentingnya berbagai imunisasi bagi anak. “Kasus ini [lumpuhnya yang dialami Niken Angelia] jangan sampai membuat masyarakat takut imunisasi, imunisasi itu penting. Yang lain harus lakukan imunisasi karena case-nya tidak banyak dan sudah bawaan,” ujarnya.

Selain itu, kata Ganjar, para dokter juga sudah menyiapkan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) dan standart operation procedur secara medis. “Jangan sampai kita kemudian men-judgement seolah-olah itu [kelumpuhan] karena imunisasi, tidak, itu sudah bawaan sebelumnya,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif