News
Jumat, 18 Agustus 2017 - 22:30 WIB

HUT RI : Pesan Presiden dari "Show" Pakaian Adat Nusantara di Istana

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana berfoto bersama pemenang pakaian adat terbaik dalam upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Puspa Perwitasari)

Penampilan para tamu yang mengenakan pakaian adat Nusantara di upacara peringatan HUT ke-72 RI di Istana punya maksud tersendiri.

Solopos.com, JAKARTA — Kemeriahan dan kebinekaan yang tersaji dalam Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 pada 17 Agustus 2017 kemarin tampak dari pesta pakaian adat Nusantara.

Advertisement

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajarannya dan para tamu undangan mengenakan pakaian adat Nusantara saat mengikuti upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan.

Rakyat Indonesia seakan menyaksikan keindahan warna-warni keragaman budaya Indonesia. Presiden mengakui bahwa pesan itulah yang memang sengaja hendak disampaikan dalam peringatan kemerdekaan tahun ini.

“Pesan itu yang saya ingin betul-betul sampai di masyarakat untuk mengingatkan kepada kita bahwa kita ini majemuk, beragam, bermacam suku, agama, dan bahasa daerah,” ujar Presiden di Istana Negara, Jumat (18/8/2017).

Advertisement

Oleh karena itu, saat menyampaikan hal tersebut di hadapan para pendukung acara Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia dan para tokoh nasional, Presiden mengingatkan pentingnya memahami perbedaan. Menurutnya, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia sesungguhnya adalah anugerah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa.

Presiden menyatakan bahwa perbedaan ini merupakan sebuah keniscayaan dan tidak perlu memaksakan diri atau kehendak untuk membuat semuanya seolah sama. Inilah, lanjutnya, anugerah yang telah diberikan Allah kepada bangsa Indonesia.

“Tapi yang paling penting kita harus satu, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita ini adalah saudara sebangsa dan se-Tanah Air. Kita juga harus menjaga ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Hut Ri Presiden Jokowi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif