Jatim
Jumat, 18 Agustus 2017 - 23:00 WIB

HUT RI : Panjat Pinang di Pacitan, SBY Tebar Rp55 Juta

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan piala juara pertama kepada perwakilan dari kelompik Donorojo yang tercepat dalam lomba panjat pinang di Alun-alun Pacitan, Jumat (18/8/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

SBY serta kedua anaknya membagikan uang bonus kepada juara lomba panjat pinang di Pacitan untuk memperingati HUT ke-72 RI.

Madiunpos.com, PACITAN — Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), beserta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas) membagikan uang senilai Rp55 juta. Uang itu diberikan kepada 12 kelompok yang mengikuti lomba panjat pinang di Alun-alun Pacitan, Jumat (18/8/2017) sore.

Advertisement

Uang tersebut sebagai bentuk penghargaan bagi seluruh peserta lomba panjat pinang yang diselenggarakan untuk memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI. Dalam perlombaan panjat pinang itu, Pemkab Pacitan menyediakan 12 pucang yang telah dilumuri oli. Masing-masing tim yang terdiri dari lima pemanjat saling adu kecepatan untuk menjadi yang tercepat dan mendapat hadiah senilai puluhan juta rupiah.

Saat perlombaan itu dimulai dengan pemukulan gong oleh Bupati Pacitan, Indartato, para peserta langsung memanjat batang pohon pinang yang telah dilumuri oli itu. Masing-masing kelompok menyiapkan teknik terbaik untuk menjadi yang tercepat untuk menuju ke puncak.

Pada babak pertama, seluruh kelompok belum ada yang berhasil menggapai puncak. Kemudian, SBY memberikan semangat dengan membagikan bonus bagi pemenang lomba itu.

Advertisement

SBY akan memberikan bonus senilai Rp8 juta untuk juara pertama, uang senilai Rp7 juta untuk juara kedua, dan juara ketiga diberi bonus senilai Rp6 juta. Selain itu, SBY juga memberikan uang tunai Rp1 juta masing-masing pinang.

Setelah SBY memberikan bonus itu, Ibas juga mengikuti langkah ayahnya untuk memberikan bonus kepada peserta lomba itu. Ibas memberikan bonus senilai Rp1 juta untuk masing-masing pinang yang berhasil ditaklukkan.

Langkah Ibas itu kemudian diikuti Agus untuk memberikan bonus kepada peserta lomba. Mantan Calon Gubernur DKI Jakarta itu memberikan bonus senilai Rp1 juta untuk 12 pinang yang berhasil ditaklukkan. Sejumlah pengurus Partai Demokrat juga memberikan bonus kepada peserta yang tercepat dalam lomba ini.

Advertisement

Juara lomba ini juga mendapatkan bonus dari Pemkab Pacitan yaitu uang tunai senilai Rp7,5 juta untuk juara pertama, Rp5 juta untuk juara kedua, dan Rp3,5 juta untuk juara ketiga. Setiap peserta yang berhasil menaklukkan pucang, akan mendapatkan hadiah senilai Rp4,5 juta dengan rincian Rp2 juta berupa uang tunai dan Rp2,5 juta berupa berbagai pakaian.

Total hadiah yang didapat juara pertama mencapai Rp27,5 juta, juara kedua Rp23,5 juta, dan juara ketiga Rp19,5 juta. Setelah sekitar 45 menit beradu cepat, akhirnya tim dari Kecamatan Donorojo berhasil menjadi yang tercepat di antara 11 kelompok lainnya.

Perwakilan dari tim Donorojo, Heri Setiawan, mengatakan sangat senang bisa menjadi juara pertama dalam lomba panjat pinang itu. Dia mengaku sangat bersemangat saat SBY beserta anak-anaknya memberikan bonus bagi kelompok yang berhasil menjadi juara.

Heri menuturkan untuk memenangkan perlombaan ini dibutuhkan kekompakan dalam memanjat. “Jadi harus ada yang menopang dan harus ada yang cepat untuk melaju ke atas. Itu butuh kekompakan,” jelas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif