Jogja
Jumat, 18 Agustus 2017 - 08:21 WIB

HUT KEMERDEKAAN RI : Ribuan Peserta Ikuti Upacara di Tengah Laut Pantai Baron

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana pelaksanaan upacara bendera di Perairan Pantai Baron, Kamis (17/8/2017). (IST/dok. SAR Satlinmas Wilayah II)

HUT Kemerdekaan RI, upacara di tengah laut menarik perhatian orang

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Upacara peringatan Kemerdekaan RI ke-72 di Pantai Baron, Desa Kemadang, Tanjungsari, Kamis (17/8/2017) berjalan sukses. Ribuan peserta pun ikut terlibat dalam upacara yang diselengarakan di laut ini. Meski harus berenang sepanjang 500 meter, namun tidak menghalangi antusiasme peserta mengikuti jalannya upacara dari awal sampai akhir.

Advertisement

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengaku puas dengan pelaksanaan upacara bendera memeringati kemerdekaan ke-72. Menurut dia, antusiasme peserta sangat tinggi. Hal itu terlihat dari jumlah peserta upacara yang terus meningkat setiap tahunnya.

“Saya perkirakan untuk tahun ini ada sekitar 3.000 peserta yang ikut upacara,” kata Marjono kepada wartawan, Kamis (17/8/2017).

Menurut dia, meski upacara berjalan sukses, namun pelaksanaan sempat terkendala dengan ketinggian gelombang. Dari data yang diterima, lanjut Marjono, ketinggian gelombang mencapai 11 kaki sehingga peserta sempat kesulitan menuju ke titik upcara.

Advertisement

“Kami sangat bersyukur karena pelaksanaan tidak terjadi insiden apapun dan berjalan lancar. namun demikian, guna berjaga-jaga, kami juga menyediakan kapal dan jetski untuk standby memberikan pertolongan saat ada kejadian,” paparnya.

Marjono mengungkapkan, pengibaran bendera di tengah laut karena ingin memberikan pengambaran bagi para wisatawan dan masyarakat bagaimana susahnya para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

“Perjuangan ini kita wujudkan dengan berenang ke tengah laut. Jadi dengan kegiatan ini maka peserta dapat tahu dan lebih menghargai segala perjuangan pahlawan dalam memeroleh kemerdekaan,” tutur dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif