News
Jumat, 18 Agustus 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 18 Agustus

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kwon Ji-Yong alias G-Dragon. (Allkpop.com)

Catatan peristiwa penting dari tahun ke tahun pada 18 Agustus dihimpun Semarangpos.com dari berbagai penjuru dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 18 Agustus. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkumnya dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 18 Agustus yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

684
Pertempuran antara pasukan Kekhalifahan Umayyah dan Suku Qays meletus di Marj Rahit, dekat Damaskus, Suriah. Pertempuran yang terjadi pada masa Perang Saudara Islam II itu berhasil dimenangi pasukan Umayyah yang berhasil mengamankan kekuasaanya di Suriah.

Lukisan Pertempuran Mons-en-Pevele karya Charles Philippe Lariviere, 1839. (Wikimedia.org)

Advertisement

Lukisan Pertempuran Mons-en-Pevele karya Charles Philippe Lariviere, 1839. (Wikimedia.org)

1304
Pasukan Kerajaan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Flandaria dalam Pertempuran Mons-en-Pevele di Mons-en-Pevele, Flandaria. Pertempuran itu dipicu keinginan Raja Prancis untuk membalas dendam atas kekalahannya dari Flandaria pada Pertempuran Golden Spurs, dua tahun sebelumnya.

1487
Pengepungan Kota Malaga di Spanyol yang dilakukan pasukan Kerajaan Kastilia dan Kerajaan Aragon berakhir. Setelah melakukan pengepungan selama hampir dua pekan, pasukan Kerajaan Kastilia dan Pasukan Kerajaan Aragon berhasil merebut Kota Malaga dari cengkeraman Keamiran Granada.

Advertisement

1945
Sehari setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 atau disingkat UUD 1945 disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). UUD 1945 merupakan konstitusi pemerintahan Indonesia yang berlaku hingga kini.

Soekarno. (Thelookofsilence.com)

1945
Soekarno dilantik sebagai presiden pertama Indonesia. Soekarno menjabat sebagai presiden Indonesia hingga 12 Maret 1967. Tiga tahun setelah turun dari takhtanya sebagai presiden, Soekarno yang juga dikenal sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia meninggal dunia di Jakarta dan dimakamkan Blitar, Jawa Timur (Jatim).

Advertisement

1971
Australia dan Selandia Baru memutuskan menarik semua pasukan mereka dari Vietnam. Penarikan pasukan itu sekaligus mengakhiri keterlibatan Australia dan Selandia Baru pada Perang Vietnam.

1988
Kwon Ji-Yong lahir di Seoul, Korea Selatan (Korsel). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi rap dengan nama panggung G-Dragon. Kwon Ji-Young memulai kariernya di dunia hiburan sejak 2001 silam.

2005
Pemadaman listrik terjadi di seluruh wilayah di Pulau Jawa dan Pulau Bali secara bersamaan. Sekitar 100 juta orang di Pulau Jawa dan Pulau Bali tak dapat menggunakan listrik selama tujuh jam. Hal itu dianggap sebagai pemadaman listrik terburuk di Indonesia sepanjang sejarah.

Advertisement

2013
Sebanyak 10.000 orang Suriah melintasi perbatasan negara mereka demi mengungsi ke Irak. Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan alasan orang Suriah mengungsi ke Irak itu tak begitu jelas. PBB juga mengaku kewalahan membendung para pengungsi tersebut dari Suriah ke Irak tersebut. (Ginanjar Saoutra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Agustus

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif