Soloraya
Kamis, 17 Agustus 2017 - 11:37 WIB

PRESTASI KARANGANYAR : Karanglo Sabet Juara II Lomba Desa Nasional 2017

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Acara penyerahan penghargaan Lomba Desa Nasional Tahun 2017 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Mercurre Concension, kawasan Ancol, Jakarta Utara (Jakut), Selasa (15/8/2017) malam. (Istimewa/Pemdes Karanglo, Karanganyar)

Prestasi Karanganyar berhasil menyabet juara lomba desa tingkat nasional.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar dan warga Bumi Intanpari menerima kabar menggembirakan. Prestasi Karanganyar menyabet juara lomba desa tingka nasional lewat Desa Karanglo, Kecamatan Tawangmangu.

Advertisement

Desa di Tawangmangu bagian barat ini baru saja menyabet gelar juara II nasional dalam Lomba Desa Nasional Tahun 2017 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penyerahan penghargaan diberikan langsung Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo didampingi Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Nata Irawandi Hotel Mercurre Concension, kawasan Ancol, Jakarta Utara (Jakut), Selasa (15/8/2017) malam.

Desa Karanglo yang berlokasi di ketinggian 650 di atas permukaan air laut (mdpl) ini hanya kalah dengan Desa Kutuh Badung, Bali yang menyabet gelar juara I nasional. Di bawah Karanglo, terdapat Desa Sendangsari, Kulonprogo, DIY, yang menyabet gelar juara III nasional.

Advertisement

Menyabet gelar juara II nasional tentu bukanlah perkara mudah. Desa Karanglo harus menyingkirkan ribuan hampir 75.000 desa yang ada di Tanah Air. Tak mengherankan, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menilai prestasi yang ditorehkan Desa Karanglo menjadi kado teristimewa bagi pemerintah kabupaten (pemkab) dan warga di Bumi Intanpari selama Hari Kemerdekaan RI.

“Kami patut berbangga dengan apa yang diraih Desa Karanglo, Kecamatan Tawangmangu. Ini menjadi kado istimewa menjelang HUT ke-100 Pemkab Karanganyar di bulan November nanti. Inovasi, menjaga kebhinekaan, dan ekomoni kreatif di Karanglo memang patut diacungi jempol. Ke depan, hal ini perlu menjadi contoh bagi desa-desa lainnya [untuk berprestasi],” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat ditemui wartawan di gedung DPRD Karanganyar, Rabu (16/8/2017).

Desa Karanglo yang memiliki jumlah warga mencapai 3.826 jiwa dengan luas desa 185 hektare itu memiliki banyak keunggulan. Berbagai potensi alam dan masyarakatnya telah diangkat ke permukaan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Desa Karanglo yang memiliki suhu rata-rata 23 derajat celcius itu memiliki visi Menuju Karango yang Maju dan Sejahtera.

Advertisement

Di samping itu, misi Desa Karanglo, yakni Bersama-Sama Elemen Masyarakat Mewujudkan Karanglo yang Maju, Unggul, dan Sejahtera.

“Perolehan juara II itu sebenarnya tak sesuai dengan harapan kami. Saat maju di tingkat nasional, kami mematok target dapat meraih juara I nasional. Tapi, kami bisa menerima keputusan dewan juri [patut disyukuri],” kata Kepala Desa (Kades) Karanglo, Parjo.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif