Jateng
Kamis, 17 Agustus 2017 - 16:50 WIB

POPNAS 2017 : Persiapan Dispora Jateng Puaskan Kemenpora

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Popnas XIV 2017 Jateng. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Popnas XIV 2017 yang bakal dilaksanakan September mendatang disiapkan prima oleh Dispora Jateng.

Semarangpos.com, JAKARTA —  Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengaku puas dengan persiapan Provinsi Jawa Tengah menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017. Event olahraga pelajar yang dijadwalkan berlangsung 10-21 September itu bakal dilaksanakan di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Grobongan, dan Kota Solo.

Advertisement

“Sudah sesuai dengan laporan dari Kadispora. Kami dari Kemenpora tentu sangat puas. Kami harap kejuaraan ini bisa berlangsung optimal meski ada beberapa kekurangan,” kata Asdep Pembibitan dan Ilmu Pengetahuan Olahraga Kemenpora, Washinton, dalam keterangan pers yang diterima redaksi media massa di Jakarta, Rabu (16/8/2017). Penilaian yang disampaikan Washinton ini didasarkannya pada hasil pertemuan dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah serta pihak terkait lainnya di Kota Semarang.

Popnas merupakan kejuaraan dua tahunan khusus pelajar yang salah satu tujuannya untuk memantau perkembangan atlet junior yang nantinya diproyeksikan untuk dikirim ke beberapa kejuaraan internasional. Popnas XIV itu bakal melibatkan atlet dari 34 provinsi di Indonesia dan akan mempertandingkan 21 cabang olahraga dengan 287 nomor. Selain itu juga ada cabang olahraga eksebisi, yaitu anggar, panjat tebing, sepatu roda dan wushu.

Mengusung tema “Nyalakan Gelora Mudamu”, Popnas XIV 2017 di Jateng bakal diikuti 5.800 peserta dan 1.000 pendamping kontingen provinsi. Para atlet nantinya akan memperebutkan 991 medali yang terdiri atas 287 emas, 287 perak, dan 417 perunggu. “Menpora Imam Nahrawi juga berharap Popnas di Jawa Tengah ini mampu memberikan kontribusi positif dalam melahirkan atlet-atlet muda berprestasi,” kata Washinton menambahkan.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Urip Sihabudin menyebut 25 venue atau lokasi pertandingan sudah siap digunakan. “Tinggal venue cabang olahraga dayung di Rawa Pening Ambarawa [Kabupaten Semarang] yang masih harus dibersihkan tanaman liarnya [eceng gondok],” katanya.

Menyinggung soal anggaran, Kadispora terbuka menyampaikan total dana yang digunakan memakai APBD Provinsi Jawa Tengah senilai Rp28 miliar. Kadispora ingin ajang ini juga bisa menjadi momentum promosi pariwisata Jawa Tengah kepada seluruh peserta Popnas ke-14 itu. Rencananya, opening ceremony dan closing ceremony Popnas XIV 2017 Jateng akan diselenggarakan di tempat yang sama, yakni Lapangan Pancasila Simpang Lima, Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif