Jateng
Kamis, 17 Agustus 2017 - 04:50 WIB

PILKADA 2018 : Mantan Bupati Batang Maju Pilgub Jateng, ASN Diingatkan Netral

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada serentak Jawa Tengah 2018. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 ditengarai sudah membuat iklim persaingan politik menghangat, tak terkecuali di Kabupaten Batang.

Semarangpos.com, BATANG — Pemilihan umum kepala daerah (pilkada) atau tepatnya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2018 yang baru memasuki awal tahapan ditengarai sudah membuat iklim persaingan politik menghangat. Tak terkecuali di Kabupaten Batang, sehingga pemerintah kabupaten setempat pun mengingatkan para aparatur sipil negara (ASN) bersikap netral dalam menghadapi pemilu lokal itu.

Advertisement

Wakil Bupati Batang Suyono mengingatkan bahwa pemkab akan memberikan sanksi tegas kepada ASN yang terlibat memberikan dukungan atau menjadi simpatisan calon yang akan maju pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018 tersebut. Di beberapa wilayah, sejumlah simpatisan calon peserta pemilu lokal itu memang mulai memamerkan dukungan mereka.

“Kami akan pantau kinerja ASN agar tidak terjun dalam politik praktis. ASN harus netral pada pelaksanaan Pilgub Jateng,” tegas Wakil Bupati Suyono di Batang, Selasa (15/8/2018).

Ia mengatakan dirinya sudah mencium gelagat adanya pembentukan tim pemenangan untuk menyukseskan pada salah satu bakal calon maju pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018 itu. Kendati demikian, kata dia, pemkab tidak akan mempersoalkan terhadap adanya pembentukan tim pemenangan pada salah satu bakal calon itu.

Advertisement

“Hanya saja, kami ingatkan pada ASN tidak terlibat dalam kancah politik praktis itu. Pasti ada sanksi tegas apabila ada ASN terbukti memberikan dukungan atau sebagai simpatisan pada salah satu bakal calon,” katanya. Menurut dia, pemkab tidak memiliki tendensi apa pun dalam memberikan peringatan tersebut, kecuali demi menjaga kekompakan ASN sehingga mereka bisa bekerja dengan baik melayani masyarakat.

Peringatan Wakil Bupati Suyono terhadap para ASN Kabupaten Batang itu terkait juga dengan adanya wacana mantan bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo, yang akan maju pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018 itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif