Jogja
Kamis, 17 Agustus 2017 - 21:22 WIB

KAMPUS JOGJA : Kopertis Tawarkan Penggabungan Tiga PTS

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa (Hercampus.com)

Kampus Jogja yang mengalami kekurangan mahasiswa dapat bergabung

Harianjogja.com, JOGJA – Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V DIY menyarankan penggabungan atau merger tiga kampus dengan disiplin ilmu yang berbeda. Ketiganya merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) di Jogja yang tidak berkembang karena kesulitan menjaring mahasiswa.

Advertisement

Baca Juga : KAMPUS JOGJA : Duh, 15% PTS Terseok-seok

Sebelumnya, Kopertis menyatakan, dari total 106 PTS di Jogja, ada sekitar 15% yang terseok-seok dalam mencari mahasiswa. Kopertis secara resmi telah mengajukan penutupan ke Kemenristek Dikti terhadap satu kampus pada 2016 silam. Sedangkan dua kampus akan kembali diajukan penutupannya pada tahun 2018 mendatang. Selain itu masih ada beberapa universitas yang sulit berkembang disarankan untuk merger.

Koordinator Kopertis Wilayah V Bambang Supriyadi mengatakan terkait terseok-seoknya 15% kampus tersebut, saat ini pihaknya menyarankan merger tiga kampus. Ketiganya merupakan kampus yang berada di level akademi, terdiri atas bidang ilmu pertanian, perikanan dan peternakan. Ia menilai ada kecocokan dari sisi keilmuan yang sejenis dari ketiga kampus tersebut, daripada mereka perlahan surut tak memiliki mahasiswa dan berpotensi untuk ditutup. Hanya saja, ketiganya di berdiri di bawah yayasan yang berbeda.

Advertisement

“Sudah saya panggil yayasan untuk [menyarankan] merger, agar mau,” terangnya, Rabu (16/8/2017).

Bambang mengakui ketiga kampus tersebut sebelumnya pernah dilakukan pemanggilan pada awal 2016 silam. Saat itu telah diberikan peringatan terkait pengembangan kampus dan masih sanggup untuk melanjutnya. Namun selama 1,5 tahun berjalan belum ada perkembangan signifikan.

“Itu dulu pernah kami panggil, jadi ini selain tiga PTS yang kami nonaktifkan [satu kampus telah diajukan penutupan, dua kampus diajukan penutupan tahun depan,” ungkap dia.
==

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Kampus Jogja Kopertis DIY
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif