SBY dan Jokowi (JIBI/Detik) SBY dan Jokowi (Detik)
Kamis, 17 Agustus 2017 10:49 WIB Jafar Sodiq Assegaf/JIBI/Solopos.com/Newswire Politik Share :

HARI KEMERDEKAAN INDONESIA
SBY dan Megawati Hadiri Upacara HUT Ke-72 RI

Ini menjadi yang pertama kali Megawati dan SBY hadir di Upacara HUT RI saat Jokowi menjabat Presiden.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden keenam Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhyono (SBY) bersama sang isteri Ani Yudhyono menghadiri upacara kemerdekaan Indonesia ke-72 tahun ?di Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat. Ini adalah pertama kalinya SBY menghadiri upacara kemerdekaan usai lengser dari kursi Presiden.

Pantauan Solopos.com melalui siaran langsung di sejumlah saluran televisi swasta, SBY tampak hadir sekitar pukul 09.00 WIB. SBY menggenakan baju adat Palembang serta dipadukan oleh songket Palembang berwarna merah yang dikenakan oleh Ani Yudhiyono.

Tak lama setelah SBY, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri yang mengenakan kebaya dengan didampingi Menko PMK yang juga putrinya, Puan Maharani.

Pada saat yang sama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berada di mimbar utama pertanda akan segera dimulainya pengibaran sang saka merah putih.

SBY sempat melayani pertanyaan dari wartawan. SBY menyampaikan ucapan selamat sembari mendoakan insan pers. “Selamat hari kemerdekaan. Semoga pers tambah maju,” kata SBY kepada awak media di lokasi, Kamis (17/8/2017).

Seperti diketahui, sebelumnya Seskab Pramono Anung mengklaim, pemerintah akan memberikan sesuatu yang berbeda saat acara upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-72 tahun.

Bahkan, politisi PDI Perjuangan itu memberikan sinyal bahwa mantan Presiden Susilo Bambang ?Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarnoputri akan menghadiri perayaan upacara kemerdekaan tersebut.

“?Acara 17 Agustus kali ini mudah-mudahan akan berbeda dengan acara sebelumnya karena diharapkan seluruh pemimpin yang ada bisa hadir. Ya mantan-mantan pemimpin bisa hadirlah,” kata Pramono seperti dilansir Kantor Berita Antara, Selasa (15/8/2017).

Pantauan wartawan Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono, di lokasi, presiden Joko Widodo berkeliling menyalami tamu undangan yang hadir dalam upacara detik-detik proklamasi di Istana Negara, Jakarta, Senin pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Presiden yang mengenakan baju adat Batulicin dari Kalimantan Selatan dan Ibu Iriana Jokowi mengenakan pakaian dari Minang tampak ceria menyalami para tamu undangan. Di antara mereka ada yang meminta swafoto alias selfie.

Hampir semua undangan yang duduk di paling depan disalami satu persatu. Presiden harus berjalan ratusan meter menyalami tamu yang terbagi dalam blok A hingga blok K. Jokowi didampingi beberapa pejabat yang juga mengenakan baju adat.

Saat Presiden menyalami tamu, sejumlah pertunjukan berupa tari-tarian ataupun lagu-lagu dinyanyikan oleh beberapa artis seperti Ari Lasso.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…