News
Kamis, 17 Agustus 2017 - 22:10 WIB

HAJI 2017 : HUT ke-72 RI, Merah Putih Berkibar di Gua Hira

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jemaah Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih di Gua Hira (Kemenag.go.id)

Jemaah asal Batang mengibarkan bendera merah putih di Gua Hira.

Solopos.com, JEDAH – Tepat detik-detik peringatan Proklamasi Kemerdekaan, Kamis (17/8/2017) waktu Arab Saudi, bendera Merah Putih berkibar di atas Jabal Nur, Gua Hira, Mekah. Pengibaran bendera Indonesia dilakukan oleh sebagian jamaah asal Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang tergabung dalam kloter SOC 09.

Advertisement

Rombongan pendaki dipimpin oleh KH. Anizar Masyhadi, salah seorang Pimpinan Pondok Modern Tazakka Batang. Rombongan tersebut mengawalinya dengan salat Subuh di masjid di sekitar Jabal Nur, lalu dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh KH. Anizar Masyhadi. Di antara rombongan ada Ketua Kloter SOC 09 Bapak Ramdan, TPHD Bapak Suwanto, dan TKHI Bapak Sair.

“Alhamdulillah, syukur luar biasa dapat mengibarkan merah putih di atas Jabal Nur, di tempat yang menjadi tonggak kerasulan Nabi Muhammad SAW. Semoga Merah Putih tetap jaya mempersatukan Indonesia sebagaimana jayanya Islam yang berawal dari Gua Hira ini” tandas Kiai Anizar seperti dilansir Kemenag.go.id, Kamis.

Dirinya menjelaskan bahwa Gua Hira adalah sejarah pertama peradaban Islam, di mana Nabi Muhammad menerima wahyu pertama. Pendakian ini dimaksudkan untuk refleksi dan napak tilas bagaimana perjuangan Rasulullah dalam mengemban misi Islam.

Advertisement

Kesempatan Pendakian ke Gua Hira dimanfaatkan oleh jemaah Kab. Batang untuk mengibarkan Bendera Merah Putih, tepat pada detik-detik proklamasi waktu Arabi Saudi. “Tanggalnya cantik yaitu 17817 menjadi momentum spesial jamaah haji asal Batang” lanjut Kiai Anizar.

Jamaah yang tergabung dalam rombongan 3 dan 4 merupakan jamaah haji KBIH Muzdalifah binaan Pondok Pesantren Tazakka yang menjadi satu-satunya jamaah asal Indonesia yang mengibarkan bendera Merah Putih di atas ketinggian Jabal Nur Saudi Arabia.

Dari puncak Jabal Nur, Gus Nizar menjelaskan makna kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Menurutnya, Pancasila yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa semua silanya merupakan cerminan ajaran-ajaran prinsip dalam Islam.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif