News
Kamis, 17 Agustus 2017 - 15:30 WIB

Bercelana Pendek, Belasan Turis Bule Ikut Upacara HUT RI di Prambanan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah turis asing ikut upacara HUT RI ke-72 di Candi Prambanan (Okezone)

Belasan turis bule mengikuti upacara HUT ke-72 RI di kompleks Candi Prambanan, Sleman, meski hanya mengenakan celana pendek.

Solopos.com, SLEMAN — Belasan turis asing terlihat mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Lapangan Garuda Mandala, kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Para turis asing itu merupakan pengunjung yang ingin berwisata di Candi Prambanan.

Advertisement

Seorag turis asal Belgia, Geert Van Oyen, mengaku cukup senang bisa mengikuti upacara hari kemerdekaan ini, meski hanya mengenakan kaus dan celana pendek. Dia bersama beberapa kerabatnya sengaja berlibur ke Indonesia selama dua pekan, yakni di Bali dan DIY.

“Saya senang berada di sini [Candi Prambanan] bisa mengikuti upacara kemerdekaan, orang-orang sini beragam dan sangat terbuka menerima kami,” katanya, Kamis (17/8/2017), dikutip Solopos.com dari Okezone.

Advertisement

“Saya senang berada di sini [Candi Prambanan] bisa mengikuti upacara kemerdekaan, orang-orang sini beragam dan sangat terbuka menerima kami,” katanya, Kamis (17/8/2017), dikutip Solopos.com dari Okezone.

Tak ada persiapan khusus dalam mengikuti upacara ini. Awalnya, dia tak sengaja melihat ada sesuatu yang unik. Kemudian dia menanyakan kepada guide apa yang terjadi. Lalu, dia bersama rombongan diperbolehkan mengikuti upacara detik-detik proklamasi hari kemerdekaan Indonesia.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono, mengatakan ada 720 peserta upacara dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari sekolah-sekolah, instansi, paguyuban, komunitas seniman, hingga turis asing yang cukup antusias. Pihaknya ingin menampilkan semangat kerja bersama dalam membangun negeri.

Advertisement

Edy juga menyampaikan ada promosi bagi anak bangsa yang berkunjung di Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko hari ini, yakni memberi diskon hingga 72 persen untuk pembayaran tiket masuk. “Bagi anak bangsa yang berkunjung di candi [Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko] kita beri diskon 72 persen untuk hari ini,” katanya.

Diskon tiket masuk hingga 72 persen itu hanya berlaku untuk hari ini. Menurutnya, pemberian diskon itu merupakan apresiasi pada masyarakat yang berkunjung di tiga objek wisata candi tersebut. Terlihat banyak pengunjung yang cukup senang dengan promo Merdeka itu.

Upacara HUT RI di kompleks Candi Prambanan, Kamis (17/8/2017). (Okezone)

Advertisement

Salah satu pengunjung di Candi Prambanan, Ramdani, 22, mengaku tidak mengetahui adanya diskon tersebut. Hanya saja, dia bersama beberapa teman-temannya cukup senang setelah membayar di lokasi tiket, mendapatkan diskon yang cukup besar. “Ini bayar tiket hanya Rp10.000 karena dapat diskon, kebetulan hari ini kan liburan, jadi bermain ke candi Prambanan,” katanya.

Diskon untuk pengunjung tidak berlaku bagi warga negara asing. Pembayaran tiket masuk bagi warga negara asing tetap seperti biasa dan tidak ada penambahan ataupun diskon. “Untuk WNA tetap seperti biasa, tidak kok terus kita tambahin atau kurangin. Hanya bagi anak bangsa yang mendapat diskon,” imbuh Edy.

Di akhir upacara itu, panitia melepas 72 balon merah putih sebagai simbol kebersamaan. Selain balon, dilepas juga 72 ekor merpati putih sebagai simbol perdamaian. “Borobudur [peninggalan ummat Budha] dan Prambanan [peninggalan ummat Hindu] yang notabene adalah warisan budaya dunia, bisa jadi sebuah simbol perdamaian di dunia internasional,” imbuhnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif