Jatim
Rabu, 16 Agustus 2017 - 19:05 WIB

Terungkap, Ini Penyebab Evaporator PG Pagottan Madiun Meledak

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lokasi mesin evaporator di PG Pagotan Madiun yang meledak, Jumat (21/7/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Tim Labfor Polri menyebut penyebab mesin evaporator PG Pagottan meledak karena korosi.

Madiunpos.com, MADIUN — Tim Labfor Polri Cabang Surabaya menyatakan penyebab mesin evaporator Pabrik Gula Pagottan Madiun meledak karena korosi di tabung evaporator. Tabung evaporator yang meledak juga sudah lama dan fungsinya menurun.

Advertisement

Kasatreskrim Polres Madiun, AKP Hanif Fatih Wicaksono, mengatakan tabung evaporator nomor dua yang ada di PG Pagottan terjadi korosi. “Dari hasil Puslabfor terjadi korosi. Tidak kuat nahan karena korosi. Nanti yang bisa menjelaskan itu saksi ahli,” kata dia, Rabu (16/7/2017).

Hanif menyampaikan daya tampung tangki atau tabung evaporator nomor 2 yang digunakan untuk mengolah air gula di PG Pagottan sudah tidak layak pakai. Tabung evaporator yang meledak itu sudah digunakan sejak 1992.

Meski telah mengetahui penyebab ledakan mesin evaporator, namun pihak kepolisian belum menentukan tersangka. Saat ini polisi masih mendalami beberapa saksi termasuk korban.

Advertisement

Hanif menyampaikan seorang korban yang saat ini masih dirawat di rumah sakit, Heri Subiantoro, belum dapat dimintai keterangan karena masih dalam perawatan. “Kondisi korban belum memungkinkan untuk dimintai keterangan,” ujar dia.

Hanif menyampakan petugas juga akan memeriksa ahli waris dari kedua korban meninggal serta memeriksa dokumen-dokumen dari pihak manajemen PG Pagottan.

Sementara itu, pascaledakan mesin evaporator pihak PTPN XI membentuk tim internal untuk menyelidiki penyebab ledakan mesin evaporator yang menyebabkan dua karyawan meninggal dunia.

Advertisement

Pejabat Humas PTPN XI Brilliant Johan Anugerah belum bisa dimintai konfirmasi terkait hasil penyelidikan tim internal PTPN XI.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif