News
Rabu, 16 Agustus 2017 - 18:00 WIB

SIDANG TAHUNAN MPR : Presiden Beberkan Penurunan Kemiskinan, Fadli Zon: Angka Bisa Menipu

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang tiba di lokasi Sidang Paripurna DPR 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Pidato Presiden Jokowi di sidang tahunan MPR yang membeberkan penurunan kemiskinan dikritik Fadli Zon. Menurutnya, angka bisa menipu.

Solopos.com, JAKARTA — Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membeberkan penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan penduduk Indonesia dikritik. Politikus Gerindra yang juga Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menganggap pidato yang disampaikan Presiden dalam sidang bersama DPR dan DPD itu belum sesuai realitas.

Advertisement

Hal itu diungkapkan Fadli kepada wartawan seusai pidato kenegaraan Presiden Jokowi di Gedung Nusantara DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017). Dikutip Solopos.com dari situs resmi DPR, Fadli menganggap isi pidato Presiden Jokowi hanya normatif.

“Dalam bidang ekonomi dikatakan angka kemiskinan turun, indeks pembangunan manusia naik. Tapi kenyataannya di masyarakat tidak demikian. Masyarakat semua merasa hidup semakin menderita, semakin susah, dan menurut saya Oresiden harus memeriksa kenyataan tersebut di masyarakat. Jangan hanya dari angka-angka. Angka-angka bisa menipu,” ungkap Fadli Zon.

Politikus yang kerap mengkritik pemerintahan Jokowi ini mengatakan Presiden harus melihat langsung kenyataan di masyarakat. Menurutnya, angka-angka yang berasal dari bawahan Presiden itu bisa saja tidak sesuai kenyataan. Dia mengklaim saat turun di lapangan, dia melihat fakta yang berbeda.

Advertisement

Salah satu hal yang dia yakini adalah daya beli masyarakat yang berkurang karena kenaikan tarif listrik. Baca juga: Analisis Faisal Basri: Daya Beli Tak Merosot.

“Angka-angka yang disampaikan Pak Jokowi tadi mungkin bukan berasal dari presiden sendiri, melainkan dari bawahannya. Saya kira angka-angka itu harus diperiksa, kenyataan tidak menyatakan bahwa rakyat kita semakin sejahtera, semakin mudah hidupnya, pekerjaan semakin mudah didapatkan,” kata Fadli dikutip Solopos.com dari dpr.go.id.

Dalam pidato tersebut, Presiden Jokowi mengatakan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, pemerintah fokus untuk memerangi kemiskinan, menekan ketimpangan, dan mengurangi pengangguran. Baca juga: Masyarakat Kian Hobi Plesir, Siapa Bilang Penurunan Daya Beli?

Advertisement

Hasilnya, kata Presiden, tingkat kemiskinan di Indonesia turun, dari 28,59 juta orang pada Maret 2015 menjadi 27,77 juta orang pada Maret 2017. Begitu juga Indeks Rasio Gini Indonesia–yang mengukur tingkat kesenjangan ekonomi–terus membaik dan mencapai 0,393 pada Maret 2017, turun dibandingkan September 2014 yaitu 0,414.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif