Jateng
Rabu, 16 Agustus 2017 - 18:50 WIB

POPNAS 2017 : Tuan Rumah Jateng Optimistis Juara Umum

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pedayung tim Popnas XIV 2017 dari Jateng menjajal lintasan dayung di Rawa Pening, Kabupaten Semarang, akhir pekan lalu, guna mengetahui kemampuan para atlet. (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Panitia Popnas 2017)

Popnas 2017 akan digelar di beberapa daerah di Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kontingen Jawa Tengah membidik target tinggi pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 yang digelar 10-21 September mendatang. Tampil sebagai tuan rumah, Jateng membidik posisi juara umum dengan torehan sekitar 57 medali emas.

Advertisement

Kepala Seksi Pendidikan dan Olahraga Prestasi Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Kuncoro, mengatakan pada ajang yang sama tahun 2015 lalu, Jateng hanya mampu meraih posisi keempat dengan torehan 27 emas, 24 perak, dan 32 perunggu. Saat itu, Jateng kalah bersaing dari Jawa Barat yang tampil sebagai tuan rumah dan juara umum dengan torehan 58 emas, 40 perak, dan 57 perunggu, serta DKI Jakarta dan Jawa Timur (Jatim), diurutan kedua dan ketiga.

“Sekarang kami yang jadi tuan rumah. Tentunya kami harus memasang target tinggi, yakni jadi juara umum. Proyeksinya, ya sekitar 57-58 medali emas [untuk jadi juara umum],” ujar Kuncoro saat dijumpai Semarangpos.com seusai menggelar jumpa pers di Kantor Disporapar Jateng, Semarang, Rabu (16/8/2017).

Kuncoro menambahkan demi memuluskan target Jateng dalam Popnas IV 2017 itu, para atlet pelajar tuan rumah harus tampil fight, terutama di beberapa cabang olahraga (cabor) yang menjadi andalan. Ada beberapa cabor yang diproyeksikan menjadi lumbung emas bagi kontingen Jateng, seperti atletik, taekwondo, pencak silat, dan sepak takraw.

Advertisement

“Di cabang-cabang ini kami berharap bisa mendulang banyak medali. Tentunya dari cabang yang lain juga,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Olahraga Popnas XIV 2017 itu.

Kepala Disporapar, Urip Sihabudin, optimistis kontingen Jateng bisa memenuhi target. Terlebih lagi, selama ini para atlet pelajar Jateng telah menjalani persiapan yang cukup matang dan try out dalam berbagai kejuaraan nasional dengan hasil yang memuaskan.

“Seperti di Kejurnas Sepak Bola Antar-PPLOP dan Kejurnas Bola Voli beberapa waktu lalu. Kami berhasil meraih juara pertama. Tentunya, prestasi ini bisa ditularkan di Popnas,” ujar Urip.

Advertisement

Popnas XIV 2017 nanti akan mempertandingkan 21 cabor dengan jumlah nomor yang dipertandingkan mencapai 287. Selain 21 cabor yang dipertandingkan ada empat cabor yang juga dihelat, namun berstatus ekebisi, yakni anggar, panjat tebing, sepatu roda, dan wushu.

Popnas 2017 akan digelar di lima kabupaten dan kota di Jateng, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Grobogan, serta Kota Solo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif