News
Rabu, 16 Agustus 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 16 Agustus

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Madonna Louise Ciccone (Mcnradio.al)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah di berbagai balahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 16 Agustus.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 16 Agustus. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 16 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

1870
Pertempuran Mars-la-Tour di Mars-la-Tour, Prancis yang melibatkan pasukan Prancis dan pasukan Prusia meletus. Pertempuran yang terjadi di masa Perang Prancis-Prusia itu berakhir dengan kemenangan pasukan Prusia. Meski sama-sama kehilangan belasan ribu tentara, Prusia dinyatakan menang setelah pasukan Prancis menarik mundur pasukannya.

1900
Pertempuran Sungai Elands di dekat Sungai Elands, Afrika Selatan (Afsel) antara pasukan Inggris dan pasukan Afsel berakhir. Pasukan Inggris memenangkan pertempuran tersebut dan berhasil mempertahankan wilayah kekuasaannya dari upaya perebutan yang dilakukan pasukan Afsel.

Advertisement

1900
Pertempuran Sungai Elands di dekat Sungai Elands, Afrika Selatan (Afsel) antara pasukan Inggris dan pasukan Afsel berakhir. Pasukan Inggris memenangkan pertempuran tersebut dan berhasil mempertahankan wilayah kekuasaannya dari upaya perebutan yang dilakukan pasukan Afsel.

1918
Pasukan Cekoslowakia berhasil mengusir pasukan Soviet Rusia yang menguasai Danau Baikal di Siberia setelah memenangi Pertempuran Baikal. Pertempuran Baikal adalah pertempuran antara kapal-kapal milik Cekoslowakia dan Soviet Rusia. Dalam pertempuran itu, kapal milik Soviet Rusia, SS Baikal, tenggelam setelah dibombardir pasukan Cekoslowakia.

1920
Paskan Polandia berhasil mengalahkan pasukan Soviet Rusia dalam Pertempuran Radyzmin di dekat Radyzmin, Polandia. Salah satu pertempuran di masa Perang Polandia-Soviet Rusia itu menelan ribuan korban jiwa dari kedua belah pihak. Meski kehilangan ribuan tentaranya, pasukan Polandia berhasil memukul mundur pasukan Soviet Rusia dari wilayah kekuasaan Polandia.

Advertisement

1959
Madonna Louise Ciccone lahir di Bay City, Michigan, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi ternama yang telah melahirkan banyak karya sejak memulai kariernya pada 1979 silam. Madonna merupakan salah satu figur paling besar dalam sejarah musik populer dunia dan mendapat julukan sebagai Ratu Pop.

1960
Siprus mengumumkan kemerdekaannya dari Inggiris yang telah menguasainya sejak 1878. Kemerdekaan itu diraih Siprus setelah Pejanjian Zurich dan London ditandatangani pemerintah Inggris, Turki, Yunani, dan Siprus di London, Inggris pada 1959 yang membentuk konstitusi untuk Siprus.

Elvis Aoron Presley. (Telegraph.co.uk)

Advertisement

1977
Penyanyi sekaligus pioner musik rock and roll, Elvis Aoron Presley, ditemukan tak bernyawa di rumahnya di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat (AS). Elvis tewas pada usia 42 tahun dan meninggalkan kesedihan mendalam bagi penggemar musik rock and roll. Serangan jantung diyakini sebagai penyebab kematian Elvis.

Puing-puing pesawat milik maskapai Pan American World Airways yang jatuh di Lockerbie, Dumfries and Galloway, Skotlandia, 1988. (Wikimedia.org)

2009
Pemerintah Libya bersedia bertanggung jawab atas tragedi Pengeboman Lockbire di Lockerbie, Dumfries and Galloway, Skotlandia. Tragedi pengeboman yang menyerang pesawat milik maskapai Pan American World Airways pada 21 Desember 1988 itu menewaskan 243 orang. Pemerintah Libya bersedia membayar uang santunan dengan total senilai US$ 2,7 miliar kepada keluarga dari 243 korban.

Advertisement

2015
Sebanyak 96 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka dalam serangan yang dilakukan pasukan Angkatan Udara Suriah di Pasar Douma, Suriah. Angkatan Udara Suriah beralasan serangan tersebut dilakukan demi melemahkan kelompok pemberontak yang menguasai pasar tersebut. Namun serangan itu justru menewaskan lebih banyak warga sipil. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Agustus

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif