News
Selasa, 15 Agustus 2017 - 23:10 WIB

Musim Haji, Mesir Buka Perbatasan Rafah dengan Jalur Gaza

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gerbang perbatasan Rafah dengan jalur Gaza (Egyptianstreets.com)

Pemerintah Mesir membuka perbatasan Rafah dengan jalur Gaza bertepatan dengan musim haji.

Solopos.com, GAZA – Pemerintah Mesir membuka kembali gerbang perbatasan Rafah di Jalur Gaza untuk kali pertama dalam beberapa bulan terakhir, Senin (14/8/2017). Hal ini dilakukan agar umat Islam dari Palestina yang diblokade bisa menunaikan ibadah haji ke Mekah, Arab Saudi.

Advertisement

Direktur Informasi Otoritas Penyeberangan Kementerian Dalam Negeri Mesir, Hisham Adwan, mengatakan, gerbang tersebut dibuka selama empat hari ke depan. “Penyeberangan kembali dibuka pagi ini selama empat hari khusus bagi 2.500 jemaah. Sekitar 800 jemaah sudah melewati gerbang hari ini,” katanya seperti dilansir The Nation.

Adwan memastikan 800 jemaah asal Palestina itu telah memiliki visa Arab Saudi. Jadi, ia berani membuka pintu tersebut guna memudahkan mereka menjalankan ibadah. Sebagai informasi, perbatasan antara Rafah dan Gaza selalu ditutup dan dijaga ketat. Penjaga hanya membuka gerbang itu sesekali dalam situasi mendesak.

Dibukanya kembali perbatasan itu disambut gembira oleh muslim Palestina. Mereka yang awalnya pesimistis tak bisa berangkat haji kini menjadi bersemangat. Penutupan perbatasan yang dilakukan selama lima bulan itu menjadi yang terlama sejak awal 2017. Selama ditutup, sekitar 30.000 warga Gaza menunggu izin melintas.

Advertisement

Kebanyakan dari mereka adalah pelajar yang ingin bertemu keluarga di luar wilayah. Sementara beberapa lainnya adalah warga sipil yang butuh perawatan medis. Namun, kondisi Gaza yang diblokade oleh Israel dari udara, darat, dan air sejak 2007 membuat mereka tak bisa berbuat apa-apa.

Pemerintah Israel melakukan hal itu untuk menghentikan gerakan kelompok Hamas yang memanfaatkan jalur itu untuk memasok senjata. Selama ini, kedua negara itu memang dilanda konflik berkepanjangan.

Sebenarnya, Gaza memiliki tujuh perbatasan yang menghubungan dengan beberapa wilayah lain. Sayang, enam di antaranya dikuasasi Israel, dan yang satu, perbatasan Rafah dikendalikan Mesir. Beruntung, pada musim haji kali ini pemerintah Mesir membuka gerbang perbatasan guna memudahkan jemaah asal Gaza. 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif