Soloraya
Senin, 14 Agustus 2017 - 16:15 WIB

HUT RI : Pedagang Trofi di Solo Kebanjiran Order untuk Hadiah Tujuhbelasan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang trofi di Jl. Kalilarangan, Laweyan, Solo, Ryan Andika, menata trofi di lapaknya, Minggu (13/8/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

HUT RI membawa berkah bagi penjual trofi.

Solopos.com, SOLO — Pedagang trofi di Jl. Kalilarangan, Laweyan, Solo, kebanjiran order menjelang momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia.

Advertisement

Salah satu penjual trofi dan stempel di Jl. Kalilarangan Solo, Ryan Andika, mengatakan sejak 10 hari yang lalu permintaan trofi mencapai 100 set di mana Satu set terdiri atas tiga trofi. Permintaan tersebut naik drastis hingga tiga kali lipat dibandingkan hari biasa.

Trofi yang banyak dipesan merupakan trofi seharga Rp100.000/set hingga Rp150.000/set dengan tinggi sekitar 30 sentimeter (cm). Trofi-trofi tersebut dipesan oleh sejumlah karang taruna di berbagi daerah di Soloraya seperti Karanganyar, Sragen, dan Boyolali.

“Ada yang langsung beli 25 buah trofi, ada juga yang langsung beli 30 buah trofi. Mereka membeli tofi untuk lomba yang mereka gelar dalam rangka memperingati HUT ke-72 Indonesia. Dibandingkan hari biasa, ya, sepi sekali. Belum tentu satu hari ada yang beli,” kata dia saat ditemui di lapaknya, Minggu (13/8/2017).

Advertisement

Dia memprediksi penjualan trofi akan kembali surut setelah Agustus berakhir. Saban tahun, dia mengaku trofi-trofi tersebut laris dipesan selama Agustus.

“Kalau setelah Agustus gentian trofi dari kayu yang ramai. Trofi dari kayu biasanya diperuntukkan untuk kado wisuda,” tambah dia.

Pemilik toko olahraga Satria di Jl. Teuku Umar, Banjarsari, Solo, Hari Wibowo, berujar penjualan trofi di tokonya stabil dibandingkan hari-hari biasa. Dia memprediksi hal itu karena dia baru saja memindah tokonya tersebut sekitar dua bulan lalu. Sehingga beberapa langganannya belum mengetahui lokasi yang baru.

Advertisement

“Kalau dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sekarang ini sudah mulai ramai permintaan trofi. Mungkin setelah 17 Agustus permintaan trofi baru mulai terkerek karena perlombaan dalam rangka memeringati Kemerdekaan Indonesia masih berlangsung hingga Agustus,” kata dia.

Trofi yang dijual Hari memiliki harga yang bervariasi tergantung jenis dan tingginya. Harganya mulai Rp85.000/set hingga Rp1 jutaan/set. Selain trofi, barang-barang lain yang kerap dicari pada momentum Kemerdekaan Indonesia adalah bola.

“Bola biasanya digunakan untuk kompetisi sepak bola di beberapa kelurahan atau desa di Soloraya dalam rangka memeriahkan HUT Indonesia. Harganya mulai Rp75.000 sampai Rp500.000,” tambah dia.

Advertisement
Kata Kunci : Hut Ri Trofi Kalilarangan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif