Soloraya
Senin, 14 Agustus 2017 - 10:35 WIB

HUT RI : Gayeng, Warga Gajahan Karanganyar Adu Cepat Panjat Pohon Pisang

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tiga finalis lomba panjat pohon pisang berebut juara I di Desa Gajahan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Minggu (13/8/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

HUT RI dimeriahkan dengan lomba panjat pohon pisang di Gajahan Colomadu.

Solopos.com, KARANGANYAR — Banyak cara dilakukan masyarakat untuk menyemarakkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Salah satunya warga Desa Gajahan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, yanga pada Minggu (13/8/2017) sore menggelar lomba panjat pohon pisang putra dan putri dengan total hadiah Rp1,2 juta.

Advertisement

“Umumnya lomba yang dilaksanakan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI itu panjat pohon pinang. Tapi di tempat kami ini yang digunakan adalah gedebok pohon pisang. Karena saat ini mencari pohon pinang sulit didapat,” ujar Kepala Desa Gajahan, Hermanto, ketika ditemui seusai lomba.

Salah seorang panitia, Heru Tetuko membenarkan sulitnya mencari pohon pinang untuk lomba. Kalau pun ada, ujar dia, harga yang dipatok cukup tinggi, sehingga pihaknya menggunakan gedebok pohon pisang.

“Menggunakan pohon pisang seperti ini juga sulit hlo. Selain itu kalau menggunakan pohon pinang panitia ndadak [harus] menyediakan minyak pelumas agar batang pohon licin. Kalau pohon pisang ini kami cukup menggunakan atau mengguyur air di batang pohon pisang saja gedebok pohon pisang ini sudah licin,” ujar dia.

Advertisement

Agar lomba berjalan gayeng, kata dia, gedebok pisang ditanam di sawah yang berlumpur dan peserta harus berlari dulu sejauh kira-kira 15 meter. Dengan demikian mampu menghibur penonton.

Sementara itu juara I lomba panjat gedebok pisang putra, Alimin, 60, mengaku senang bisa mengalahkan dua pesaingnya yang lebih muda yaitu Aris, 30, dan Kholik, 28.

Para juara lomba panjat pohon pisang yakni Alimin mendapat hadiah uang Rp300.000, Aris mendapat Rp200.000, dan Kholik mendapat Rp100.000. Di bagian putri juara pertama direbut tim Ny. Marlin, Ny. Widi dan Ny. Heru. Juara II direbut tim Ny. Hartinah, Ny. Yuni dan Ny. Diono. Juara III direbut Ny. Seno, Wanti dan Yanti dengan besar hadiah sama dengan hadiah yang diperoleh pemenang laki-laki.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif