News
Senin, 14 Agustus 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 14 Juli

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Katedral Koln. (Nevworldwonders.com)

Catatan penting dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 14 Juli terangkum dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 12 Agustus. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 12 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

Sketsa wajah Raja Alba, Duncan I. (Wikimedia.org)

1040
Raja Alba, Duncan I, tewas dalam pertempuran melawan pasukan Kerajaan Moray yang dipimpin Macbeth, yang tak lain adalah sepupu Duncan I. Setelah Duncan I tewas, Macbeth berhasil naik takhta menjadi raja Alba.

Advertisement

1040
Raja Alba, Duncan I, tewas dalam pertempuran melawan pasukan Kerajaan Moray yang dipimpin Macbeth, yang tak lain adalah sepupu Duncan I. Setelah Duncan I tewas, Macbeth berhasil naik takhta menjadi raja Alba.

1480
Sebanyak 813 orang di Otranto, Kerajaan Napoli dibantai pasukan Kesultanan Ottoman karena tak bersedia memeluk Islam. Peristiwa itu terjadi di masa Perang Otranto antara pasukan Kesultanan Ottoman dan Pasukan Napoli yang dibantu pasukan Aragon dan Hungaria.

1880
Katedral Koln di Kota Koln, Jerman selesai dibangun. Katedral Koln yang dibangun sejak 1248 itu memiliki tinggi 157,4 meter dan memegang rekor sebagai katedral tertinggi di dunia hingga 1890.

Advertisement

1941
Perdana Menteri Inggris Winston Churchill dan Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt menandatangani Piagam Atlantik. Piagam tersebut berisi kesepakatan-kesepakatan bersama dalam masalah keamanan dan ekonomi. Perjanjian tersebut juga berisi kesepakatan yang harus dipatuhi Inggris dan AS jika Perang Dunia II berakhir.

1945
Presiden Harry S. Trauman mengumumkan kepada dunia bahwa Jepang telah bersedia menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Sebelumnya, pemerintah Jepang telah mengumumkan hal tersebut kepada rakyatnya.

1947
Pakistan meraih kemerdekaan penuh dari Inggris yang telah mengontrolnya sejak abad ke-18. Sembilan tahun kemudian, negara tersebut secara resmi bernama Republik Islam Pakistan.

Advertisement

1971
Bahrain mendeklarasikan kemerdekaannya dari Inggris. Sebelumnya, Bahrain telah dikuasai Inggris sejak abad ke-18. Sehari setelah mendeklarasikan kemerdekaannya, Bahrain mendapatkan pengakuan kedaulatan dari Inggris.

Giorgio Chiellini. (Azactu.net)

1984
Giorgio Chiellini lahir di Pisa, Italia. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub raksasa di Italia, yakni Juventus. Chiellini bergabung dengan Juventus sejak 2005 silam.

Advertisement

2006
Kapal tanker milik Jepang menumpahkan sekitar 4.500 ton minyak ke Samudera Hindia setelah menabrak kapal lain yang sedang dalam dalam misi penyelamatan. Tumpahan minyak itu menjadi tumpahan terbesar yang melibatkan kapal tanker Jepang. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 Agustus

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif