Senin, 14 Agustus 2017 - 16:55 WIB

KAMPUS JOGJA : Sumatera Utara Penyumbang Mahasiswa Terbesar di Instiper

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahasiswa baru mengikuti pembukaan kuliah di Graha Instiper, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Senin (14/8/2017). (Sunartono/JIBI/Harian Jogja)

Kampus Jogja, Instiper menerima ratusan mahasiswa baru

Harianjogja.com, SLEMAN – Provinsi Sumatera Utara menjadi penyumbang mahasiswa terbesar kampus Institur Pertanian Stiper (Instiper) Jogja untuk tahun akademik 2017/2018.

Advertisement

Rektor Instiper Purwadi menyatakan mahasiswa baru di Instiper tahun 2017 berasal dari 28 provinsi di Indonesia. Namun Sumatera Utara menjadi penyumbang mahasiswa terbesar dengan komposisi mencapai 29% dari 858 mahasiswa yang diterima. Kemudian disusul Riau dengan persentase 20%, Kalimantan Tengah 7%, Jawa Tengah 6%, Jambi ada 5% dan siswa dari 23 provinsi lainnya di Indonesia.

“Dalam konteks kepulauan 65% dari Pulau Sumatera, 15% Kalimantan dan 14% Jawa, sisanya kepulauan lainnya,” terangnya dalam Pembukaan Kuliah Mahasiswa Baru di Graha Instiper, Senin (14/8/2017).

Menurut dia Instiper sebagai miniatur Indonesia dengan berbagai suku, agama dan daerah tetapi mereka mahasiswa memiliki kebersamaan dan mampu hidup bersama dengan damai. Ketika radikalisme masuk ke kampus, ia bersyukur Instiper nihil soal itu, karena mahasiswa menyadari pentingnya kebersamaan dalam perbedaan.

Advertisement

Saat ini total mahasiswa aktif di kampusnya mencapai 3.476 orang, dengan 858 mahasiswa baru. Dari jumlah tersebut, 134 mahasiswa penerima beasiswa, terdiri atas 10 penerima bidik misi dan 124 penerima beasiswa ikatan dinas dari perusahaan dan pemerintah daerah.

“Tahun ini sebanyak 59% mahasiswa baru masuk dalam minat berbasis kelapa sawit. Kami mendapat kepercayaan juga untuk mendidik 200 mahasiswa jenjang diploma satu dengan beasiswa penuh dari Badan Pengelola Perkebunan Kelapa Sawit. Calon mahasiswa ini berasal dari anak pertani perkebunan rakyat kelapa sawit,” ungkap dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif