Ilustrasi razia bentor. (Tribratanews.com) Ilustrasi razia bentor. (Tribratanews.com)
Minggu, 13 Agustus 2017 06:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

LALU LINTAS BATANG
Polisi Ancam Tindak Tegas Pikap dan Bentor Angkut Orang

Lalu lintas kendaraan di Kabupaten Batang dibersihkan polisi dari pikap dan bentor yang mengangkut penumpang.

Solopos.com, BATANG — Polres Batang, Jawa Tengah (Jateng) mengancam akan menindak tegas pengemudi yang menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut orang atau penumpang. Ancaman itu dikemukakan Kepala Polres Batang AKBP Juli Agung Pramono di Batang, Jumat (11/8/2017).

Menurut Kapolres Juli Agung Pramono, maraknya mobil bak terbuka untuk mengangkut orang berisiko mengakibatkan kecelakaan sehingga polres akan menertibkan pengemudi yang masih nekat menggunakan mobil pikap. “Pelarangan mobil bak terbuka mengangkut orang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan yang menyebutkan kendaraan angkutan barang dilarang mengangkut manusia,” katanya.

Juli Agung Pramono yang didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Adiel Aristo mengatakan kendaraan angkutan barang hanya untuk mengangkut barang bukan manusia sehingga safety sangat kurang. Bahkan tegas Adiel Ariesto hal itu sangat membayakan penumpang. Kecelakkaan sudah banyak terjadi di Kabupaten Batang.

“Kita harus bercermin dari tahun lalu saat kejadian kecelakaan mobil bak terbuka hingga korbannya mencapai 17 orang tewas,” katanya.

Ia mengatakan untuk antisipasi kejadian yang sama polres menekankan pada para pengusaha mobil bak terbuka untuk tidak mengangkut orang tetapi hanya digunakan sesuai peruntukannya. “Kami tidak melarang penggunaan mobil bak terbuka. Silakan digunakan tapi jangan dipaksakan untuk mengangkut manusia karena kami tidak akan memberikan toleransi,” katanya.

Polisi, kata dia, akan memberikan surat bukti pelanggaran (tilang) apabila ada pengemudi yang menggunakan mobil bak terbuka untuk mengangkut orang di jalan raya. Ia mengatakan pelarangan penggunaan becak motor (bentor) populasinya sudah cukup banyak digunakan sebagai moda angkutan.

“Kendaraan bentor tidak sesuai standar keselamatan karena kendaraan sepeda motor yang dimodifikasi mengangkut orang di depan,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Eropa pun Galau Ihwal Media Sosial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah djauhar@bisnis.com. Solopos.com, SOLO — Kegalauan ihwal media sosial kini melanda hampir seluruh negara di…