Ilustrasi pasar sapi (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi pasar sapi (JIBI/Solopos/Dok.)
Minggu, 13 Agustus 2017 07:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

IDULADHA 2017
Harga Naik, Permintaan Sapi dan Kambing di Madiun Minim

Permintaan hewan kurban masih sepi.

Solopos.com, MADIUN — Permintaan sapi maupun kambing di Pasar Hewan Kota Madiun dinilai minim padahal sudah mendekati Hari Raya Iduladha 1438 H.

“Hari ini saya membawa empat ekor sapi, sampai siang seperti ini baru laku dua. Padahal tahun-tahun sebelumnya menjelang Idul Kurban seperti sekarang ini membawa lima atau enam ekor sapi masih pagi sudah habis,” kata Hari, penjual sapi asal Desa Cermo, Kabupaten Madiun, Jumat (11/8/2017).

Padahal, ungkap dia, harga sapi hidup saat ini tidak terjadi lonjakan signifikan.

Hari menguraikan menjelang Ramadan lalu harga sapi sempat turun rata-rata hingga Rp2 juta per ekor, sedangkan saat ini naik rata-rata Rp1 juta per ekor.

“Kami juga heran. Apa mungkin karena bersamaan dengan musim tanam dan waktunya tahun ajaran baru ya,” kata Hari.

Sunar, penjual kambing asal Barat Kabupaten Magetan mengaku hanya membawa empat ekor kambing ke Pasar Hewan Kota Madiun.

“Sebenarnya di rumah masih ada beberapa ekor, tapi saya sengaja hanya membawa empat ekor saja, karena melihat kondisi pasar masih sepi,” ujar Sunar.

Dia berharap dua atau tiga hari sebelum Iduladha permintaan hewan kurban meningkat.

Menurut Sunar harga kambing naik rata-rata Rp300.000/ekor bila dibandingkan sebulan lalu.

Penjual kambing lainnya, Waijan, warga Maospati Magetan mengatakan kenaikan harga kambing menjelang Iduladha sekarang ini tak terlalu tinggi.

“Kenaikan harganya hanya berkisar antara Rp250.000 hingga Rp300.000 per ekor, tapi belum banyak orang membeli kambing untuk kebutuhan kurban,” kata Waijan.

lowongan pekerjaan
SOLO GRAND MALL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…