Jateng
Minggu, 13 Agustus 2017 - 04:50 WIB

DPRD Semarang Rencanakan Olimpiade Pancasila

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Garuda Pancasila, lambang negara Republik Indonesia. (JIBI/Solopos/Antara)

DPRD Semarang berencana menggelar Olimpiade Pancasila

Semarangpos.com, SEMARANG — DPRD Kota Semarang berencana menggelar Olimpiade Pancasila untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan generasi muda. “Sebenarnya, ini ide saya sebelum menjadi anggota dewan, sebelum jadi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia [KNPI],” katanya Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Joko Santoso di Semarang, Kamis (10/8/2017). Hal tersebut diungkapkan politikus Partai Gerindra itu seusai dialog interaktif bertema “Melalui Momentum HUT Ke-72 RI, Kita Tingkatkan Karakter Bangsa Berdasarkan Pancasila” di Balai Kota Semarang.

Advertisement

Kebetulan, sambung Joko santoso, dirinya pernah memimpin organisasi KNPI Kota Semarang yang saat kepemimpinannya sudah menjadikan pelaksanaan Olimpiade Pancasila sebagai agenda wajib organisasi kepemudaan itu. Menurut dia, Olimpiade Pancasila dimaksudkan menanamkan bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam sikap dan perilaku bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di kalangan anak-anak muda.

Olimpiade Pancasila, kata dia, berisi berbagai kegiatan yang dilombakan, seperti cerdas cermat, paduan suara lagu kebangsaan, peraturan baris-berbaris (PBB), hingga karya ilmiah tentang Pancasila. “Kalau di Pemuda Pancasila [PP] kan memang wajib dan rutin. Ini yang akan coba kami padukan dengan program di DPRD Kota Semarang,” kata Joko yang juga Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kota Semarang.

Artinya, kata dia, nantinya bisa dirancang semacam olimpiade yang melombakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai Pancasila yang menjadi program DPRD Kota Semarang. “Ya, sekaligus mendekatkan kepada masyarakat. Bagaimana masyarakat bisa mengenal wakil-wakilnya di DPRD secara lebih dekat. Supaya tidak ada jarak masyarakat dengan wakil-wakilnya,” katanya.

Advertisement

Selama ini, kata dia, DPRD Kota Semarang juga memiliki program Parlemen Muda yang nantinya bisa dipadukan dengan Olimpiade Pancasila berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Semarang. Ia mengharapkan Olimpiade Pancasila itu bisa menjadi contoh untuk dikembangkan juga di lembaga-lembaga lain, termasuk lembaga pemerintahan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan bela negara.

“Kami minta secepatnya ini dilaksanakan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun ini. Nanti, rencananya kegiatan ini pas momentum peringatan Sumpah Pemuda,” kata Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif