Hak paten untuk teknologi safety pedestrian Daimler AG. (topauto.site) Hak paten untuk teknologi safety pedestrian Daimler AG. (topauto.site)
Minggu, 13 Agustus 2017 04:00 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Roda 4 Share :

Daimler Rancang Teknologi yang Memungkinkan Pejalan Kaki Aman Saat Ditabrak Mobil

Rancangan Daimler AG telah didaftarkan hak paten.

Solopos.com, SOLO – Daimler AG, induk produsen automotif Mercedes Benz, menggagas fitur keselamatan untuk pejalan kaki. Daimler mematenkan airbag di luar kendaraan yang berguna melindungi pejalan kaki dari dampak benturan dengan bodi mobil saat tertabrak.

Dilansir Motor1, Rabu (9/8/2017), Airbag disembunyikan di pilar A mobil serta di ujung kap mesin. Demikian dikutip dari Motor1.

Dalam dokumen pengajuan paten disebutkan bahwa fitur ini bekerja dengan memanfaatkan sensor supersensitif. Sensor akan memonitor terjadinya benturan dengan pejalan kaki. Saat terjadi benturan, bagian ujung kap dekat kaca depan akan bergerak lalu keluarlah airbag dari pilar A.

Airbag terdapat di dalam tabung dari bahan serat dan tersembunyi dengan rapi sehingga tidak akan mengurangi nilai dari tampilan kendaraan.

Ada beberapa airbag yang dipasang, yakni masing-masing satu di setiap pilar A kiri dan kanan dan di permukaan kap mesin. Airbagsudah didesain sedemikian rupa sehingga saat mengembang bentuknya akan menyesuaikan dengan luas kap. Hal ini untuk menutup celah sekecil apa pun yang bisa membuat pejalan kaki terkena benturan dengan bodi atau bagian depan mobil.

Sehingga, pejalan kaki hanya akan mengenai airbag yang lembut sesaat setelah terjadi benturan. Hal ini untuk meminimalisasi dampak cedera berat bagi pejalan kaki.

Daimler sudah mengajukan dokumen paten ini pada Juli 2015, namun Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat baru memublikasikannya pada 3 Agustus 2017.

Hal ini mengindikasikan bahwa produk Mercedes Benz segera dilengkapi dengan fitur yang ramah dengan pejalan kaki ini.

Namun Mercedes Benz bukanlah merek automotif pertama yang mengajukan paten airbag di pilar A. Pada awal 2017, pabrikan sports car Porsche juga mematenkan airbag di pilar depan tersebut. Bedanya, airbag pada mobil Porsche untuk melindungi kepala pengemudi dan penumpang di mobil convertible atau atap terbuka saat terjadi benturan. Ini untuk mengantisipasi jika dampak benturan akan membuat pengemudi dan penumpang terempas ke sudut kendaraan.

Pabrikan lain yang juga memiliki teknologi keselamatan ini adalah Volvo. Tahun lalu Volvo memperkenalkan airbag yang dipasangkan di dekat kaca depan dan kap mesin. Bukan hanya produsen automotif konvensional, bahkan Google juga sudah mengajukan paten serupa untuk mobil otonomnya.

lowongan pekerjaan
PT. Jaya Sempurna Sakti, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
”Akad” Populer karena Berbeda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (14/10/2017). Esai ini karya Romensy Augustino, mahasiswa Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah romensyetno@yahoo.com. Solopos.com, SOLO – -Youtube adalah salah satu media sosial yang menjadi rujukan…