Kepala BNNP DIY didampingi oleh Mafilinda Nuraini, Kepala Dinas P3AP2KB Sleman beserta jajarannya dalam acara yang mengdepankan peran keluarga dalam pencegahan narkoba ini. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja) Kepala BNNP DIY didampingi oleh Mafilinda Nuraini, Kepala Dinas P3AP2KB Sleman beserta jajarannya dalam acara yang mengdepankan peran keluarga dalam pencegahan narkoba ini. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)
Sabtu, 12 Agustus 2017 00:22 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

TIPS POLA ASUH
Jauhkan Anak dari Narkoba, Ini Kuncinya

Tips pola asuh mengenai edukasi menolak narkoba sejak dini.

Solopos.com, SLEMAN — Faktor lingkungan keluarga dinilai berdampak memicu tindakan penyalahgunaan narkoba oleh remaja. Orang tua berperan penting sebagai pendidik untuk mengajarkan anak menolak narkoba sejak usia dini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY, Triwarno Atmojo dalam acara Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) melalui tatap muka dalam rangka Diseminasi Informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Kamis (10/8/2017). Acara yang digelar di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sleman itu diikuti oleh sejumlah penyuluh KB dari 17 kecamatan di Sleman.

“Faktor lingkungan menjadi salah satu penyebab utama penyalahgunaan narkoba,”ujar Triwarno didampingi oleh Mafilinda Nuraini, Kepala Dinas P3AP2KB Sleman.

Kerap kali pengguna narkoba tertekan faktor kurangnya komunikasi antar keluarga, tidak harmonis, dan orang tua yang terlalu sibuk. Karena itu, dari yang awalnya coba-coba kemudian lingkungan cenderung membiarkan hal itu berlanjut.

Ia menyebutkan ada sejumlah peran yang harus dipenuhi orang tua dalam upaya P4GN. Pertama, melaksanakan tugas pokok orang tua dengan mengasuh dan menjaga. Kedua, menjadi pendengar yang baik untuk anak. Ketiga menjadi contoh yang baik dengan tidak menkonsumsi alkohol maupun narkoba. Keempat, membekali anak dengan informasi penting dampak narkoba. Terakhir yakni menerapkan aturan sekaligus memahami kegiatan anak dan mengajarkan anak untuk menolak pemberian narkoba sebelum anak berusia sembilan tahun.

Lowongan Pekerjaan
PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Apa Kabar Solo Kota Kreatif?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (10/8/2017). Esai ini karya Fajar S. Pramono, alumnus Universitas Sebelas Maret yang meminati tema-tema sosial dan ekonomi. Alamat e-mail penulis adalah fajarsp119@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2013 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif waktu itu Mari…