Ilustrasi imunisasi. (JIBI/Solopos/Dok) Ilustrasi imunisasi. (JIBI/Solopos/Dok)
Sabtu, 12 Agustus 2017 03:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

MR 2017 di Demak Dicanangkan di SMPN 2

Imunisasi Measles Rubella atau MR 2017 di Demak dilakukan pencanangannya di aula SMPN 2 setepat.

Solopos.com, DEMAK — Pemerintah Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Jateng), mulai mencanangkan imunisasi Measles Rubella atau MR 2017 untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella, Selasa (8/8/2017).

Pencanangan dimulainya kampanye Imunisasi MR 2017 tersebut dilaksanakan di Aula SMP Negeri 2 Demak dengan dihadiri Bupati Demak M. Natsir, Wakil Bupati Demak Joko Sutanto, Kodim 0716/Demak diwakili Kasdim Mayor Inf Harianto, serta jajaran Forkompinda dan sejumlah tamu undangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Guvrin Heru Putranto mengungkapkan, kegiatan imunisasi tersebut diberikan kepada anak usia sembilan bulan hingga 15 tahun. Menurut dia, campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus campak dan rubella.

“Campak dan Rubella sangat menular. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi campak dan rubella atau yang belum pernah mengalami penyakit campak dan rubella berisiko tertular penyakit tersebut,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah bertugas membentengi warga masyarakat untuk melawan virus tersebut dengan melakukan imunisasi MR 2017. Melalui sekolah dan Posyandu, katanya, petugas Puskesmas akan memberikan imunisasi MR untuk anak usia sembilan bulan hingga usia 15 tahun selama Agustus hingga September 2017.

Sementara itu, Bupati Demak M. Natsir mengatakan, semua pihak perlu memberikan dukungan terlaksananya program imunisasi MR. “Mari lindungi diri dari bahaya penyakit campak dan rubella,” ujarnya.

Ia menganggap, kesehatan sangat penting bagi seluruh umat manusia, karena kesehatan merupakan kekayaan yang tidak ternilai harganya bagi setiap orang. Untuk itu, dia mengajak, seluruh masyarakat agar menjaga kesehatan dan mendukung program-program yang dicanangkan pemerintah, karena program pemerintah bertujuan menjaga kesehatan bagi semua warga negara Indonesia.

Ia menambahkan, kampanye pemberian imunisasi Measles Rubella dilakukan secara serentak dalam dua tahap. “Mudah-mudahan, kampanye imunisasi MR serentak ini bisa memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella secara cepat,” ujarnya.

Pencanangan kampanye imunisasi MR 2017 ditandai dengan pemukulan gong, kemudian dilakukan secara simbolis pemberian imunisasi kepada perwakilan siswa SMPN 2 Demak.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
BPR SAMI MAKMUR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…