UPN Veteran Yogyakarta (IST UPN Veteran) UPN Veteran Yogyakarta (IST UPN Veteran)
Sabtu, 12 Agustus 2017 19:20 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

KAMPUS JOGJA
Ratusan Dosen UPN Diasramakan, Ini Tujuannya

Kampus Jogja UPN Veteran Jogja memiliki kebijakan khusus untuk dosen.

Solopos.com, SLEMAN –  Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogja menggelar pelatihan bela negara bagi ratusan dosen dengan diasramakan dan dididik langsung oleh instruktur dari kalangan TNI di AAU, Jumat (11/8/2017) hingga Sabtu (12/8/2017).

Rektor UPN Prof. Sari Bahagiarti menjelaskan kegiatan itu sebagai penyegaran kembali bagi para dosen dan tenaga kependidikan UPN Veteran tentang nilai bela negara. Mengingat sesuai amanah dari Kementrian Pertahanan, meski UPN dialihstatuskan sebagai PTN di bawah Kemenristek Dikti diminta mengembangkan diri sebagai kampus bela negara. Kegiatan itu sebagai salahsatu rangkaian mempersiapkan diri untuk implementasi dari nilai bela negara di Kampus UPN.

“Kalau mahasiswa kami didik, kami berikan pengembangan karakter bela negara, maka para pendidiknya pun harus mendapatkan pelatihan atau penyegaran tentang nilai bela negara dan implementasinya. Kami bekerjasama dengan AAU dalam pelatihan selama dua hari penuh, dosen menginap di sini [asrama AAU],” jelasnya, Jumat (11/8/2017).

Kegiatan pelatihan tersebut, lanjut dia, merupakan gelombang pertama dengan jumlah 400 orang yang didominasi dosen. Gelombang kedua yang juga akan segera digelar diikuti sebagian besar karyawan dan beberapa dosen yang tidak bisa mengikuti di gelombang pertama. Diharapkan dosen bisa memberikan transfer ilmu bela negara yang didapat kepada mahasiswa. Sari mengakui, giat pelatihan penyegaran bela negara itu merupakan pertamakalinya digelar.

“Kalau sebelumnya, hanya setiap dosen baru kami kirim untuk melaksanakan pelatihan di Rindam Diponegoro,” tegasnya.

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Potensi Lokal untuk Kemandirian Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (11/8/2017). Esai ini karya Hadis Turmudi, mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta dan sedang menulis tesis tentang desa dan otonomi asli. Alamat e-mail penulis adalah adis.mandiri@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Desa-desa di Nusantara yang berjumlah kurang…