Ilustrasi belanja online (JIBI/Dok) Ilustrasi belanja online (JIBI/Dok)
Sabtu, 12 Agustus 2017 02:00 WIB Mariyana Ricky P.D./JIBI/Solopos Ekonomi Share :

BELANJA ONLINE
Pertumbuhan Transaksi E-Commerce Indonesia Tertinggi Dunia

Belanja online di Indonesia menunjukkan tren peningkatan.

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan e-Commerce tertinggi di dunia. Beberapa tahun terakhir, makin banyak pelaku usaha, baik perusahaan besar maupun ritel, beralih atau mengembangkan usaha ke arah digital.

Jumlah pelaku e-Commerce akan terus bertumbuh, hal ini diperkuat dengan sejumlah survei lembaga riset teknologi informasi komunikasi dalam dan luar negeri.

Demikian diungkapkan Ketua Umum Indonesian E-Commerce Association (idEA), Aulia E. Marinto melalui siaran pers belum lama ini, yang diunggah Liputan6.com, Sabtu (20/5/2017).

“Data Sensus Ekonomi 2016 dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, industri e-Commerce Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir tumbuh sekitar tujuh belas persen dengan total jumlah usaha e-Commerce mencapai 26,2 juta unit,” katanya.

Sementara itu, riset global dari Bloomberg menyatakan, pada 2020 lebih dari separuh penduduk Indonesia akan terlibat di aktivitas e-Commerce.McKinsey dalam laporan bertajuk Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity juga menyebutkan, peralihan ke ranah digital akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi hingga US$ 150 miliar dolar pada 2025.

Laporan itu menyatakan pula, 73 persen pengguna internet di Indonesia mengakses internet melalui perangkat selular. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah dalam lima tahun ke depan.

“Masifnya penggunaan telepon pintar juga menjadi salah satu faktor pendukung pertumbuhan industri e-Commerce di Indonesia,” kata Aulia.

Direktur Digital & Strategic Portfolio Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk. (Telkom), David Bangun menambahkan, e-Commerce yang saat ini begitu masif memerlukan dukungan infrastruktur kuat dan luas. Hal itu, menurut dia, menjadi salah satu tanggung jawab Telkom sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang telekomunikasi.

“Telkom terus mendukung akselerasi ekonomi digital Indonesia melalui berbagai produk digital seperti Blanja.com dan Melon. Telkom juga bersinergi dengan BUMN lain dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital dengan menggelar karya binaan mereka di marketplace kami,” ujarnya.

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Potensi Lokal untuk Kemandirian Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (11/8/2017). Esai ini karya Hadis Turmudi, mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta dan sedang menulis tesis tentang desa dan otonomi asli. Alamat e-mail penulis adalah adis.mandiri@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Desa-desa di Nusantara yang berjumlah kurang…