Soloraya
Jumat, 11 Agustus 2017 - 19:15 WIB

WISATA SOLO : Koleksi Museum Keris Nusantara Dijaga 36 Kamera CCTV

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas membersihkan kaca etalase di Museum Keris, Solo, Jumat (3/8/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Museum Keris Nusantara dijaga super ketat mengingat koleksi berharga di dalamnya.

Solopos.com, SOLO — UPT Museum Dinas Kebudayaan (Disbud) Solo menyiapkan pengamanan ekstra di Museum Keris Nusantara yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (9/8/2017) lalu.

Advertisement

“Koleksi keris di museum ini tak ternilai harganya. Bahkan ada satu keris yang kalau dinilai bisa mencapai Rp1 miliar. Jadi di sini pengamanan kami begitu ekstra,” kata Kepala UPT Museum, Bambang M.B.S., kepada Solopos.com, Jumat (11/8/2017).

Saat ini, UPT Museum sudah memasang 18 unit kamera closed circuit television (CCTV) dan akan memasang lagi 18 kamera CCTV. Jadi, kata Bambang, akan ada 36 kamera CCTV yang tersebar di seluruh lantai museum dan akan menjaga koleksi museum.

Dia menjelaskan Museum Keris Nusantara terdiri atas lima lantai yang meliputi lantai basement untuk area parkir kendaraan, lantai satu untuk lobi, kantor administrasi dan resepsionis, lantai II untuk perpustakaan, lantai III untuk memajang koleksi keris yang tergolong baru, sedangkan lantai empat paling atas untuk memajang koleksi keris yang sudah tua dan berusia lebih dari 100 tahun.

Advertisement

Bambang berharap setiap pengunjung museum bisa saling menjaga untuk tidak merusak koleksi. Pengamanan ekstra lain yang mulai diterapkan pengelola museum adalah kewajiban pengunjung menyerahkan kartu identitas kepada petugas satpam saat hendak berkunjung ke museum.

“Selain memberikan kartu identitas seperti kartu tanda penduduk [KTP], pengunjung juga kami minta mengisi buku tamu.”

UPT memang tidak sampai melibatkan aparat untuk memperkuat pengamanan di museum terutama saat malam hari. Mereka hanya memberdayakan satpam profesional.

Advertisement

Pagar keliling halaman museum juga dibuat rendah dan terkesan lebih terbuka. “Tujuannya agar masyarakat umum bisa ikut menjaga museum. Kalau malam hari ada orang masuk ke museum atau loncat pagar museum, misalnya, warga di luar juga bisa melihat.”

Seperti diketahui, Museum Keris Nusantara diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu. Museum yang berlokasi di Jl. Bhayangkara itu melayani pengunjung setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. “Setiap hari kami buka, kecuali Senin. Senin tutup,” tutur Bambang.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif