Ilustrasi penyuluh pertanian. (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi penyuluh pertanian. (JIBI/Solopos/Antara)
Jumat, 11 Agustus 2017 03:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

PERTANIAN JATENG
Gubernur Ganjar Minta Teknologi Pascapanen Sesuai Kebutuhan

Pertanian Jateng difasilitasi layanan pascapanennya oleh pemprov setempat melalui regopantes.com.

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta penerapan teknologi pascapanen harus disesuaikan dengan kebutuhan para petani. “Apapun teknologi yang digunakan harus sesuai dengan yang dibutuhkan para petani dan juga mengedepankan sisi kepraktisan serta kecepatan dalam pemanfaatan,” kata Gubernur Ganjar di Kota Semarang, Selasa (8/8/2017).

Menurut Ganjar, pemerintah tidak mempermasalahkan penerapan teknologi apa yang paling pas dan sesuai dengan kondisi pertanian Jateng. “Kita cari yang paling praktis dan dibutuhkan, serta paling cepat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para petani di seluruh daerah,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu, mendukung penuh pemangkasan tengkulak di kalangan petani karena yang bersangkutan mengambil seratus persen lebih keuntungan dari produksi pangan. Pemangkasan tersebut, kata Ganjar, dapat dilakukan dengan penguatan kelembagaan petani dan menyediakan pasar yang langsung mempertemukan petani dengan konsumen.

Terkait dengan hal tersebut, Pemprov Jateng menggiatkan sosialisasi penggunaan aplikasi regopantes.com di kalangan petani yang diharapkan bisa memangkas jalur distribusi penjualan berbagai komoditas pertanian. “Aplikasi ini salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan petani adalah dengan menghapus keberadaan middle man atau perantara sehingga dengan komunikasi langsung antara petani dan konsumen maka disepakati harga yang menguntungkan kedua pihak,” katanya.

Aplikasi regopantes.com merupakan bentuk kerja sama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Bank Rakyat Indonesia dan provider 8 villages. “Ada banyak e-commerce [perdagangan elektronik] yang bisa dimanfaatkan petani, termasuk media sosial Facebook, Twitter, atau Instagram, namun dari pemerintah memfasilitasi dengan aplikasi regopantes.com,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Lowongan Pekerjaan
PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Isu Kemiskinan di Jawa Tengah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (8/8/2017). Esai ini karya Edy Purwo Saputro, dosen di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah E.Purwo.Saputro@ums.ac.id.  Solopos.com, SOLO–Pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018 telah memanas dengan munculnya sejumlah kandidat dari sejumlah…