Foto ilustrasi: Selain susu, ibu hamil disarankan mengonsumsi minuman sehat lainnya. (thebabyplanners.co.uk) Ilustrasi minuman sehat (thebabyplanners.co.uk)
Jumat, 11 Agustus 2017 23:55 WIB I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Penyebab Kematian Ibu Melahirkan Mulai Berubah

Kematian ibu, penyakit tak menular ikut memegang andil

Solopos.com, JOGJA — Beberapa tahun terakhir tren penyebab kematian ibu melahirkan mulai berganti. Pendarahan masih tetap menjadi penyebab utama, tetapi kematian akibat penyakit tidak menular seperti jantung, hipertensi, dan stroke mulai banyak ditemukan.

Baca Juga : ANGKA KEMATIAN IBU : Perempuan Hamil Jalani Deteksi Dini, Ini Manfaatnya

Dari data yang diperolah di Dinas Kesehatan DIY, pada tahun 2015 ada 29 kasus kematian ibu melahirkan. Dari 29 kasus itu, 10 diantaranya disebabkan oleh penyebab tidak langsung yaitu penyakit jantung, stroke, hipertiroid, emboli, dan tubercolosis. Kemudian pada tahun berikutnya, dari 39 kasus kematian ibu melahirkan, 8 kasus disebabkan oleh penyebab tidak langsung. Pada data di dua tahun tersebut, penyebab utama masih didominasi pendarahan. Sedangkan sisanya disebabkan oleh infeksi dan eklampsia.

“Pendarahan masih menjadi penyebab utama, tapi beberapa tahun belakangan ini penyebab tidak langsung mulai meningkat karena di DIY angka penyakit tidak menularnya memang cenderung meningkat,” ucap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DIY Inni Hikmatin saat ditemui di ruangannya, Jumat (11/8/2017).

Inni Hikmatin mengungkapkan, meningkatnya jumlah penderita penyakit tidak menular karena disebabkan oleh pola hidup yang buruk. Karena itu ia mengimbau masyarakat agar mulai menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan menjaga asupan makanan secara seimbang.

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Daya Beli Menurun

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (17/10/2017). Esai ini karya Ginanjar Rahmawan, mahasiswa Program Doktor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah Rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini beberapa kawan saya yang…