Wuling Baojun E100. (Istimewa/Electric Cars Report) Wuling Baojun E100. (Istimewa/Electric Cars Report)
Jumat, 11 Agustus 2017 12:30 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Roda 4 Share :

MOBIL TERBARU
Wuling Punya Mobil Listrik Seharga Rp70 Juta

Wuling kembali memperkenalkan mobil dengan harga sangat terjangkau.

Solopos.com, JAKARTA – Merek mobil Wuling kembali mencuri perhatian. Setelah memperkenalkan MPV dengan harga terjangkau, kini Wuling memamerkan mobil listrik dengan harga kurang dari Rp100 jutaan.

Dilaporkan Carscoops, Jumat (11/8/2017), perusahaan patungan antara produsen mobil asal Amerika Serikat dengan China, SAIC-GM-Wuling, belum lama ini meluncurkan mobil listrik berukuran kecil. Mobil yang diberi nama Baojun E100 ini terinspirasi dari Smart ForTwo Electric Drive. Harganya sangat murah yaitu RMB 35.800 atau Rp70 jutaan.

Baojun E100 di dukung oleh satu motor listrik yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 39 hp dan torsi puncak 110 nm. Dengan tenaga sebesar itu mobil tanpa emisi ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 100 kilometer per jam. Sumber listrik berasal dari baterai lithium-ion namun seberapa besar kapasitasnya belum diketahui.

Baterai tersebut diklaim dapat terisi penuh dalam waktu 7,5 jam. Sedangkan daya jangkauannya hingga 155 km.

Meski berukuran kecil,  mobil ini sudah dilengkapi dengan sejumlah perangkat modren. Di antaranya suspensi model bebas (independent suspension) di roda depan dan single arm di belakang. Selain itu, ada juga electronic brakeforce distribution (EBD), anti-lock brakes(ABS), electric power steering, pedestrian alert, electronic parking brake, parking sensors, dan ISOFIX untuk tempat duduk anak-anak supaya lebih nyaman serta aman.

Sementara itu bagian interior terdapat bangku yang dapat menampung dua orang penumpang. Sebagai perangkat hiburan tersedia sistem entertainment kabin berupa head unit layar sentuh 7 inci berfitur wifi. Perangkat lainnya yaitu air filter, dan keyless entry.

Kendaraan listrik kecil SAIC-GM-Wuling sudah mulai dipasarkan di China. Kedatangannya menambah jajaran mobil di bawah merek Baojun yang sebelumnya sudah diluncurkan seperti SUV 510 dan 560, hatchback dan wagon 310.

Sebagai perbandingan Smart Fortwo Electric Drive model 2017 dibanderol lebih mahal dari Baojun E110 yaitu USD24.550 atau sekira Rp326 juta. Mobil asal Jerman tersebut dilengkapi dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 80 hp dan torsi 22 lb-ft. Akselerasinya dari 0 sampai 97 km/jam hanya 11,4 detik.

Lowongan Pekerjaan
PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Isu Kemiskinan di Jawa Tengah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (8/8/2017). Esai ini karya Edy Purwo Saputro, dosen di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah E.Purwo.Saputro@ums.ac.id.  Solopos.com, SOLO–Pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018 telah memanas dengan munculnya sejumlah kandidat dari sejumlah…