Jogja
Jumat, 11 Agustus 2017 - 17:55 WIB

Menderita Gangguan Jiwa, Seorang Pria Bantul Dikurung dalam Kandang

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Thamrin, dikurung di kandang di dekat rumahnya di Dusum Dumpuh, Argodadi Sedayu, Bantul, Jumat (11/8/2017). (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Praktik pengurungan warga yang mengalami gangguan mental ditemukan di Dusun Dumpuh, Argodadi, Sedayu, Bantul

 
Harianjogja.com, BANTUL- Praktik pengurungan warga yang mengalami gangguan mental ditemukan di Dusun Dumpuh, Argodadi, Sedayu, Bantul.

Advertisement

Korban yang diketahui bernama Thamrin, 40 itu mengalami tindakan tidak manusiawi dengan dikurung di sebuah kandang di dekat rumahnya. Kondisi itu sudah ia alami sejak kecil hingga saat ini.

“Biasanya dilepas di rumah. Tapi kalau ibunya pergi, takutnya mencari dan keluyuran jadi dikurung di sini,” ungkap Sri Lestari kakak kandung Thamrin, Jumat (11/8/2017).

Keluarga kata dia enggan menempatkan Thamrin di kamar, sebab ia kerap buang air besar dan kecil sembarangan. “Kalau buang air kotor bau bagaimana, makanya ditempatkan di sini,” tutur dia.

Advertisement

Sejumlah lembaga pemerintah seperti kepolisian Bantul serta Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak telah berupaya mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grhasia, Pakem Sleman agar ia diperlakukan lebih manusiwi. Namun upaya itu ditolak oleh keluarga korban.

“Pokoknya Thamrin di sini saja. Ibunya juga sakit. Kami pusing kalau harus mikir dia di sana [RSJ] juga mikir di sini,” ujar perempuan tersebut sambil berlalu meninggalkan petugas kepolisian yang datang melihat kondisi Thamrin.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Pasung Pemasungan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif