Ilustrasi warga miskin (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi warga miskin (JIBI/Solopos/Dok.)
Jumat, 11 Agustus 2017 06:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Isu Kemiskinan di Jawa Tengah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (8/8/2017). Esai ini karya Edy Purwo Saputro, dosen di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah E.Purwo.Saputro@ums.ac.id. 

Solopos.com, SOLO–Pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018 telah memanas dengan munculnya sejumlah kandidat dari sejumlah partai politik. Spanduk sejumlah kandidat telah terpampang di sebagian ruas jalan di Jawa Tengah.

Edy Purwo Saputro (Istimewa)

Edy Purwo Saputro (Istimewa)

Meski belum mendapat restu dari partai politik manapun, sejumlah  kandidat sudah berani menjual diri untuk merebut simpati publik pada pemilihan gubernur 2018 mendatang. Terkait hal ini, Jawa Tengah merupakan salah satu target penting bagi partai politik untuk menguji kekuatan menjelang pemilihan presiden 2019.

Artinya, Jawa Tengah bersama Jawa Timur dan Jawa Barat menjadi barometer untuk pemanasan mesin partai politik menjelang pemilihan presiden. Pemetaan sejumlah isu juga mulai dilakukan dan salah satunya yang bisa dijual adalah isu tentang kemiskinan.

Kemiskinan nasional juga berimbas ke daerah dan Jawa Tengah adalah salah satunya. Data Badan Pusat Statistik menjelaskan jumlah penduduk miskin per Maret 2017 mencapai 27,77 juta orang atau10,64% dari total jumlah penduduk. Ini meningkat dibanding September 2016, yaitu 27,76 juta orang atau 10,70% dari total penduduk Indonesia.

Aspek dominan fenomena ini yaitu kontribusi beras sehingga stabilisasi harga beras menjadi penting. Kasus beras oplosan yang digerebek Satuan Tugas Pangan menjadi ironi. Kemiskinan di perkotaan per Maret 2017 adalah 7,72%. Pada September 2016 kemiskinan di perkotaan 7,73%. Sedangkan kemiskinan di perdesaan per Maret 2017 adalah 13,93%. Pada September 2016 kemiskinan di perdesaan sebesar 13,96%.

Selanjutnya adalah: Kemiskinan di perdesaan dan perkotaan…

Lowongan Pekerjaan
PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Isu Kemiskinan di Jawa Tengah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (8/8/2017). Esai ini karya Edy Purwo Saputro, dosen di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah E.Purwo.Saputro@ums.ac.id.  Solopos.com, SOLO–Pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018 telah memanas dengan munculnya sejumlah kandidat dari sejumlah…