Foto ilustrasi: Meski cuaca mendung atau musim penghujan, jangan lupa tetap memakai lotion pelembab dan tabir surya. (self.com) Ilustrasi perawatan kulit wajah (self.com)
Kamis, 10 Agustus 2017 00:00 WIB Kesehatan Share :

TIPS KECANTIKAN
Musim Hujan, Kulit Tetap Butuh Perawatan Loh

Tips kecantikan kali ini membahas cara merawat kulit di cuaca mendung atau musim penghujan.

Solopos.com, SOLO — Sekali pun musim hujan atau cuaca sedang mendung, kulit tetap harus mendapat perawatan. Kenapa? Karena musim hujan dapat memicu infeksi akibat jamur dan bakteri pada lipatan-lipatan kulit seperti ketiak dan sela-sela kaki.

Selain itu udara dingin dapat membuat kulit menjadi kering, untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan air mawar dan gliserin yang dioleskan di wajah sebelum tidur.

Dikutip Boldsky, belum lama ini, almond dan madu yang dijadikan sebagai masker dan dibiarkan selama 20 menit dapat melembutkan kulit wajah. Saat musim hujan jenis kulit yang paling sering mengalami masalah yaitu kulit berminyak. Air mawar dan susu dapat membantu membersihkan dan menyerap minyak pada kulit.

Agar tidak terjadi infeksi di lipatan kulit dan masalah gangguan kulit kering, lakukan beberapa hal ini. Pertama, gunakan pembersih yang dapat membersihkan sampai pori terdalam kulit.

Sebaiknya pilih pembersih yang tidak terlalu tinggi kandungan alkoholnya, hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah infeksi kulit.

Kandungan alkohol dapat membuat kulit menjadi kering dan bisa infeksi. Agar lebih jelas sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya.

Kedua, gunakan scrub wajah yang aman dua kali dalam sepekan untuk pengelupasan kulit.

Ketiga, hindari krim pelembab yang mengandung minyak tinggi, dan jangan terlalu banyak menggunakan makeup. Hal ini untuk mencegah bakteri dari air hujan tidak mudah menempel di wajah.

Keempat, pilih produk pencuci muka yang mengandung asam alfa hidroksi membantu menyegarkan kulit. Asam yang terjadi secara alamiah tersebut ditemukan di tebu dan jeruk. Tapi sebaiknya jangan menggunakan lebih dari satu kali sehari.

Kelima, ketika kulit sudah dirasa kering, gunakan pelembab. Hindari menggosok terlalu kencang agar tidak luka ataupun infeksi pada lipatan seperti ketiak, selangkangan dan sela-sela jari.

Keenam, gunakan lotion atau tabir surya saat siang dan malam hari untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet A dan B.

Lowongan Pekerjaan
PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Neorevitalisasi Pabrik Gula Colomadu Karanganyar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (7/8/2017). Esai ini karya Dyah S. Pradnya P., dosen di Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah dyah_pradnya@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Kompleks Pabrik Gula Colomadu di Desa Malangjiwan, Kecamatan Colomadu,…