Perangkat digital pengakses informasi yang akan segera hadir di area publik di Kota Semarang sedang diuji. (Instagram-@hendrarprihadi) Perangkat digital pengakses informasi yang akan segera hadir di area publik di Kota Semarang sedang diuji. (Instagram-@hendrarprihadi)
Kamis, 10 Agustus 2017 18:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

INFRASTRUKTUR SEMARANG
Perangkat Digital Pengakses Informasi Segera Hadir di Area Publik

Infrastruktur pengakses informasi digital akan segera hadir di beberapa kawasan publik di Kota Semarang.

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang, Jawa Tengah (Jateng) tampaknya mulai getol mewujudkan komitmen Semarang Smart City. Hal itu terbukti dengan segera hadirnya infrastruktur berupa perangkat digital pengakses informasi di beberapa kawasan publik di Kota Semarang.

Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melalui akun Instagramnya, @hendrarprihadi, Selasa (8/8/2017). “Sedang disiapkan Perangkat Layanan Informasi Digital untuk area-area publik di Kota Semarang,” ungkap orang nomor wahid di ibu kota Jateng itu dengan menyertakan sebuah video.

Dari video yang diunggah Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—terlihat dua wanita sedang mencoba infrastruktur yang dimaksud. Perangkat pengakses informasi terkait Kota Semarang itu tampak seperti komputer tablet dalam ukuran yang sangat besar.

A post shared by Hendi ( Hendrar Prihadi ) (@hendrarprihadi) on

Hendi menyebut perangkat tersebut berisi beberapa informasi pelayanan publik dan akses pengaduan masyarakat ke pemerintah. “Fitur : Panduan peta ke lokasi tujuan | Panduan naik transportasi umum | Perpustakaan Buku Digital | Form aduan ke pemerintah,” imbuh Hendi.

Warganet yang mengetahui kabar tersebut pun merasa senang dengan upaya Pemkot Semarang mewujudkan komitmen Semarang Smart City. Namun beberapa dari mereka khawatir perangkat digital yang akan dipasang di area publik itu akan dirusak orang tak bertanggung jawab atau bahkan hilang dicuri. “Hati-hati dirusak sama ilang pak. Harus dikasih alarm anti maling,” ungkap pengguna akun Instagram @arinawidyafitriani.

“Mudah-mudahan awet ga cepet rusak,” tulis pengguna akun Instagram @ndewiayu.

Meski demikian, dalam video yang diunggah Hendi terlihat perangkat tersebut telah diuji ketahanannya terhadap pukulan tangan. Sang wali kota juga menjamin infrastruktur baru yang segera hadir di Kota Semarang itu awet. “Bagian akhir video : Tes perangkat digital anti pecah karena akan ditaruh di area publik. *Bukan cuma ember yang anti pecah* #SemarangSmartCity,” pungkas Hendi. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Lowongan Pekerjaan
Kepala Sekolah KB & TKIT Alhikam Delanggu, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…