Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah) Pembuat garam Gunungkidul
Kamis, 10 Agustus 2017 11:55 WIB Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

DIY Jadi Lokasi Percontohan Produksi Garam, 3 Titik Disiapkan

Garam akan diproduksi di DIY

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah siapkan tiga titik sebagai lokasi percontohan produksi garam DIY. Ketiga titik itu masing-masing berada di Nguyahan dan Sepanjang (Gunungkidul) serta di kawasan Samas (Bantul).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Sigit Sapto Raharjo mengakui pihaknya kini tengah intens memantau kesiapan ketiga lokasi itu. Pihaknya berencana akan mengajukan usulan anggaran ratusan juta rupiah di pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DIY 2017 mendatang.

Anggaran itu, katanya, akan ia gunakan sebagai pengadaan sarana produksi, seperti misalnya pipa, pompa air, dan kain terpal. Pasalnya, dari hasil komunikasinya dengan kelompok-kelompok masyarakat yang ada di sekitar lokasi, tersendatnya produksi garam oleh masyarakat lantaran keterbatasan sarana-sarana produksi tersebut.

“Jika usulan kami disetujui, maka tahun ini juga produksi garam di tiga titik itu sudah bisa dimulai,” ujarnya kepada Solopos.com, Rabu (9/8/2017).

Sementara terkait luasan, lantaran saat ini pihaknya baru menjadikan ketiga titik itu sebagai proyek percontohan, maka lahan yang dipakainya pun tak begitu luasan. Setidaknya 100-209 meter persegi, menurutnya cukup ideal untuk dijadikan proyek percontohan tersebut.

Lowongan Pekerjaan
QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Kanibalisasi Akademis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (11/01/2018). Esai ini karya Abdul Gaffar, mahasiswa Program Doktoral Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah c.guevar@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dunia akademis (kampus) dihebohkan dengan isu kapitalisasi dan kanibalisasi akademis sebagai akibat…