Jogja
Kamis, 10 Agustus 2017 - 11:55 WIB

DIY Jadi Lokasi Percontohan Produksi Garam, 3 Titik Disiapkan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah) Pembuat garam Gunungkidul

Garam akan diproduksi di DIY

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah siapkan tiga titik sebagai lokasi percontohan produksi garam DIY. Ketiga titik itu masing-masing berada di Nguyahan dan Sepanjang (Gunungkidul) serta di kawasan Samas (Bantul).

Advertisement

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Sigit Sapto Raharjo mengakui pihaknya kini tengah intens memantau kesiapan ketiga lokasi itu. Pihaknya berencana akan mengajukan usulan anggaran ratusan juta rupiah di pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DIY 2017 mendatang.

Anggaran itu, katanya, akan ia gunakan sebagai pengadaan sarana produksi, seperti misalnya pipa, pompa air, dan kain terpal. Pasalnya, dari hasil komunikasinya dengan kelompok-kelompok masyarakat yang ada di sekitar lokasi, tersendatnya produksi garam oleh masyarakat lantaran keterbatasan sarana-sarana produksi tersebut.

“Jika usulan kami disetujui, maka tahun ini juga produksi garam di tiga titik itu sudah bisa dimulai,” ujarnya kepada Harianjogja.com, Rabu (9/8/2017).

Advertisement

Sementara terkait luasan, lantaran saat ini pihaknya baru menjadikan ketiga titik itu sebagai proyek percontohan, maka lahan yang dipakainya pun tak begitu luasan. Setidaknya 100-209 meter persegi, menurutnya cukup ideal untuk dijadikan proyek percontohan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif