News
Kamis, 10 Agustus 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 10 Agustus

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jose Antonio Domínguez Bandera alias Antonio Banderas. (Spanisculture.com)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 10 Agustus terangkum dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 10 Agustus. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 10 Agustus.

Advertisement

1511
Pasukan Portugal pimpinan Alfonso de Albuquerque menyerang wilayah Kesultanan Malaka. Serangan itu sekaligus menjadi awal runtuhnya Kesultanan Malaka yang berdiri sejak 1400. Sultan Malaka Mahmud Syah lantas melarikan diri ke Pulau Bintan setelah kesultanan yang ia pimpin jatuh ke tangan Portugal.

Delegasi Bulgaria, Rumania, Serbia, Montenegro, dan Yunani yang menandatangani Traktat Bukares di Bukares, Rumania, 1913. (Wikimedia.org)

Advertisement

Delegasi Bulgaria, Rumania, Serbia, Montenegro, dan Yunani yang menandatangani Traktat Bukares di Bukares, Rumania, 1913. (Wikimedia.org)

1913
Kerajaan Bulgaria, Rumania, Serbia, Montenegro, dan Yunani menandatangani Traktat Bukares di Bukares, Rumania demi mengakhiri Perang Balkan II. Sebelumnya, Kerajaan Bulgaria telah menyerah kepada Kesultanan Ottoman, Rumania, Serbia, Montenegro, dan Yunani dalam Perang Balkan II. Traktat tersebut berisi perubahan perbatasan negara-negara tersebut. Kesultanan Ottoman tidak terlibat dalam penandatangan traktat tersebut meski terlibat dalam Perang Balkan II.

1920
Sultan Ottoman, Mehmed VI, menandatangani perjanjian damai dengan Sekutu setelah Perang Dunia I berakhir. Dari perjanjian yang disebut dengan Perjanjian Serves itu, Kesultanan Ottoman harus rela wilayahnya dipecah oleh Sekutu. Dari perjanjian tersebut, berdirilah Kerajaan Hijaz, Republik Demokratik Armenia, dan Suriah. Selain itu, negara-negara Sekutu juga menguasai beberapa wilayah yang sebelumnya dikuasai Kesultanan Ottoman.

Advertisement

1944
Pertempuran Guam Kedua di Guam, Kepulauan Mariana yang melibatkan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Jepang berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama 20 hari itu berakhir dengan kemenangan pasukan AS yang berhasil merebut Guam dari kekuasaan Jepang.

1944
Pasukan Jerman dan Estonia berhasil mengalahkan pasukan Uni Soviet dalam Pertempuran Narva di Narva Estonia. Dalam pertmpuran itu, pasukan Jerman dan Estonia berhasil mengusir pasukan Uni Soviet yang berupaya menguasai Estonia sejak 2 Februari di tahun yang sama.

1945
Menyusul serangan bom atom yang dilancarkan Amerika Serikat (AS), Jepang mengumumkan penyerahan diri kepada Sekutu dalam Perang Dunia II. Jepang bersedia menyerah kepada Sekutu dengan syarat Hirohito tak digulingkan dari takhtanya sebagai kaisar Jepang.

Advertisement

1960
Jose Antonio Dominguez Bandera lahir di Malaga, Spanyol. Kini. ia dikenal luas sebagai aktor yang berkarier di dunia perfilman di Hollywood dengan nama beken Antonio Banderas. Sejak memulai kariernya sebagai aktor, Antonio Banderas sudah membintangi tak kurang dari 50 judul film layar lebar.

Roy Maurice Keane saat masih berseragam Manchester United. (Soha.vn)

1971
Roy Maurice Keane lahir di Cork, Republik Irlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Inggris, Manchester United (MU), dari 1993 hingga 2005. Keane meraih 17 trofi selama 12 tahun berseragam MU. Setelah 12 tahun bersama MU, Keane bergabung ke klub di Skotlandia, Glasgow Celtic, selama satu musim sebelum dirinya gantung sepatu.

Advertisement

2007
Perdana Menteri Kanada Stephen Harper mengumumkan rencananya untuk membangun dua fasilitas militer di wilayah Kutub Utara. Pengumuman ini muncul setelah beberapa negara seperti Denmark dan Rusia mengklaim wilayah Kutub Utara.

2014
Pesawat HESA Iran-140 milik maskpai penerbangan Sepahan Airlines dengan nomor penerbangan HH5915 jatuh di dekat permukiman di Mina, Tehran, Iran. Seluruh penumpah berjumlah 40 orang dan delapan awak pesawat tewas dalam peristiwa tragis itu. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia 9 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia 8 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia 7 Agustus

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif