Foto
Rabu, 9 Agustus 2017 - 17:50 WIB

Foto Tari Tayub Meriahkan Sedekah Desa

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga menari bersama ledek atau penari tayub pada sedekah desa di Desa Sugihmanik, Tanggungharjo, Grobogan, Jateng, Selasa (8/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aji Styawan)

Tari Tayub lestari di Desa Sugihmanik, Grobogan.

Tari Tayub yang sejatinya merupakan tarian pergaulan untuk menjalin keakraban sosial kerap dituding melanggar etika agama. Maklum saja, pada masa lalu, tayuban—pergelaran tari Tayub—sering dibarengi penyajian minuman keras. Sementara itu, ledek atau penarinya pun dianggap sebagai penggoda para lelaki hidung belang. Alhasil, kini pergelaran tari Tayub pun langka digelar.

Advertisement

Di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (8/8/2017), pergelaran tari Tayub digelar saat digelar kegiatan tradisi sedekah desa. Pementasan tari Tayub yang selalu digelar bersamaan dengan acara sedekah desa tersebut bertujuan untuk melestarikan seni budaya para leluhur yang saat ini sudah mulai langka di daerah setempat. Warga pun leluasa menari bersama para ledek atau penari tayub dan tayuban atau pergelaran tari Tayub pun tetap lestari.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif