Real Madrid merayakan gelar Piala Super Eropa 2017. (JIBI/REUTERS/Eddie Keogh)
Rabu, 9 Agustus 2017 14:25 WIB Ahmad Baihaqi/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

PIALA SUPER EROPA
Madrid Juara, Dominasi Klub Spanyol Berlanjut

Piala Super Eropa diwarnai dengan Real Madrid yang menjadi juara.

Solopos.com, SKOPJE – Real Madrid sukses menjadi juara Piala Super Eropa 2017. Kemenangan Madrid itu membuat klub-klub Spanyol kian mendominasi dalam ajang yang mempertemukan juara Liga Champions dan Liga Europa tersebut.

Madrid meraih gelar Piala Super Eropa setelah mengalahkan Manchester United di Philip II Arena, Skopje, Makedonia, Rabu (9/8/2017) dini hari WIB, dengan skor 2-1. Dua gol kemenangan Los Blancos dilesakkan Casemiro dan Isco. Sementara satu gol balasan MU dibuat Romelu Lukaku.

Kemenangan Madrid seakan mempertegas dominasi klub asal Negeri Matador di Piala Super Eropa. Seperti dikutip dari BBC, Dalam sembilan edisi terakhir, delapan di antaranya dimenangi oleh klub Spanyol.

Bayern Munchen menjadi satu-satunya klub yang mampu mengganggu dominasi klub Spanyol tersebut pada 2013. Saat itu, Bayern mengalahkan Chelsea lewat adu penalti usai bermain imbang 2-2 hingga babak perpanjangan waktu.

BBC juga mencatat, Madrid menjadi tim kedua dengan gelar Piala Super Eropa terbanyak. Dia hanya kalah dari klub Italia, AC Milan, yang sudah punya lima trofi Piala Super Eropa.

Di sisi lain, Mourinho kembali menuai hasil buruk ketika berjumpa Madrid. Pelatih asal Portugal itu sudah kalah empat kali dari lima pertandingan melawan Madrid di laga kompetitif. Sementara satu laga sisanya berakhi imbang.

Catatan statistik lain dari laga Piala Super Eropa antara Madrid dan MU adalah berlanjutnya rekor buruk Jose Mourinho melawan Madrid. Lima kali bertanding melawan bekas klubnya itu di laga kompetitif, Mourinho sudah kalah empat kali.

Mourinho juga menjadi manajer pertama yang kalah dalam tiga pertandingan Piala Super Eropa sebagai manajer. Sebelumnya ia pernah kalah di Piala Super Eropa bersama Chelsea pada 2013 dan FC Porto pada 2003.

Fakta lainnya adalah, juara Liga Champions amat dominan ketika tampil di Piala Super Eropa. Bahkan, kali terakhir juara Liga Europa menjadi juara di Piala Super Eropa adalah pada 2012 lalu oleh Atletico Madrid. Saat itu, Atletico mampu mengalahkan juara Liga Champions Chelsea dengan skor 4-1.

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…