Oculus Rift Facebook Oculus Rift Facebook
Rabu, 9 Agustus 2017 13:10 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Gadget Share :

Mozilla Bawa Teknologi VR ke Firefox

Web-based VR di Firefox akan bisa dicoba oleh pengguna OS Windows dan memiliki headset VR seperti Oculus Rift atau HTC Vive.

Solopos.com, SOLO – Setelah diperbarui pada Juni 2017, Mozilla bakal membawa teknologi virtual reality (VR) di Firefox versi terbaru. Rencananya fitur tersebut akan tersedia di peramban versi 55 dan digulirkan mulai hari ini.

Dikutip dari The Verge, Rabu (9/8/2017), web-based VR di Firefox akan bisa dicoba oleh pengguna OS Windows dan memiliki headset VR seperti Oculus Rift atau HTC Vive.

Sebenarnya Mozilla telah mengembangkan fitur tersebut selama beberapa waktu belakangan ini. Mozilla menggunakan sebuah standar pemrograman yang disebut WebVR. Dengan program tersebut, pengguna browser Firefox bisa menyelami dunia realitas maya.

Sebelumnya program tersebut telah diuji coba pada Forefox Nightly, yakni versi pra-rilis browser Mozilla dan memiliki ketersediaan secara terbatas. Browser tersebut dirancang oleh pengembang pribadi dan disokong oleh Mozilla.

Mozilla saat ini juga dilaporkan sedang mengembangkan sebuah tool bernama Forefox Screenshot yang masih dalam tahap uji coba. Dengan fitur tersebut pengguna dapat mengambil gambar layar yang tersimpan di cloud.

Pengguna dapat menyimpan hasil screenshot selama dua pekan sebelum akhirnya akan terhapus secara otomatis. Namun pengguna juga masih bisa menyimpannya dengan pengaturan manual agar bisa bertahan lama.

Meski tergolong baru di Mozilla, fitur penampil realitas maya sebenarnya telah lebih dahulu hadir di kompetitornya, Chrome. Peramban milik Google itu telah lebih dahulu memiliki dukungan VR pada Februari 2017.

Dengan bantuan VR, pengguna Chrome tak hanya dapat menggunakan headset HTC Vive atau Oculus Rift, namun juga Google Cardboard dan Google Daydream.

Lowongan Pekerjaan
CITRA JAYA SEWING MACHINE, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Seni Rupa Solo dan Melindurisme

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (5/8/2017). Esai ini karya Halim H.D., seorang networker kebudayaan yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah halimhade@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Cara paling gampang untuk mengingat, apalagi dalam bentang sejarah, lihat saja jejak yang besar….