Akses Difabel (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi) Akses Difabel (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)
Rabu, 9 Agustus 2017 10:22 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Draf Raperda Disabilitas Dinilai Copy Paste UU Disabilitas

Raperda Disabilitas diharapkan melindungi kepentingan warga berkebutuhan khusus

Solopos.com, JOGJA — Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas yang sedang dibahas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jogja dinilai hanya mengulang yang sudah tertuang dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Baca Juga : KINERJA DPRD JOGJA : Dewan Klaim Raperda Disabilitas Selesai Dibahas
Hal itu diketahui dari hasil fasilitasi dari Pemda DIY. Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah Pemda DIY, Dewa Isnu Broto Imam Santoso, saat dimintai konfirmasi membenarkannya.

“Harusnya Perda itu implementatif dan disesuaikan dengan kondisi daerah, jangan hanya copy paste Undang-undang,” kata Dewa, Selasa (8/8/2017).

Dewa mengatakan draf raperda disabilitas yang sedang dibawas Pansus di DPRD Kota perlu diperbaiki muatannya agar tidak mengulang-ulang yang sudah diatur dalam undang-undang.

Ketua Pansus Raperda Disabilitas, Muhammad Fauzan mengatakan jika tidak ada kesamaan materi dengan undang-undang pihaknya kesulitas membahasnya secara runtut. Karena itu, Pansus berencana menemui Biro Hukum Pemda DIY untuk berkonsultasi terkait hasil fasilitasi raperda tersebut.

“Rencana 21 Agustus kami konsultasi,” kata dia.

Lowongan Pekerjaan
PT. KELOLA JASA ARTHA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Seni Rupa Solo dan Melindurisme

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (5/8/2017). Esai ini karya Halim H.D., seorang networker kebudayaan yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah halimhade@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Cara paling gampang untuk mengingat, apalagi dalam bentang sejarah, lihat saja jejak yang besar….