News
Rabu, 9 Agustus 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 9 Agustus

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera Singapura. (Royal-flags.co.uk)

Catatan peristiwa bersejarah dunia yang terjadi dari tahun ke tahun pada 9 Agustus tersaji dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 9 Agustus. Demi mengenang berbagai peristiwa itu, Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 9 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Advertisement

378
Pertempuran Adrianople antara pasukan Kekaisaran Bizantium dan Kerajaan Visigoth meletus di dekat Adrianople, Turki. Peretempuran tersebut dipicu upaya pasukan Kekaisaran Bizantium yang ingin menguasai wilayah Kekuasaan Kerajaan Visigoth. Pertempuran Adrianople hanya berlangsung selama sehari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Kerajaan Visigoth.

Menara Pisa. (Traveldigg.com)

Advertisement

Menara Pisa. (Traveldigg.com)

1173
Pembangunan Menara Pisa di Piazza dei Miracoli, Pisa, Italia dimulai. Pembangunan tersebut memakan waktu hampir dua abad. Menara Pisa selesai dibangun pada 1372.

1500
Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil merebut Kota Methoni di Messenia, Yunani dari kekuasaan Republik Venesia. Pasukan Kesultanan Ottoman telah mengepung kota tersebut sejak 1499. Pengepungan itu menjadi bagian dari Perang Ottoman-Venesia II.

Advertisement

1914
Pasukan Prancis melakukan serangan pertama di masa Perang Dunia I. Serangan itu ditujukan kepada pasukan Jerman yang ingin menduduki Alsace, Prancis. Jerman yang terus membombardir kawasan tersebut sejak dua hari sebelumnya, baru berhasil mengalahkan Prancis 17 hari kemudian.

1942
Pertempuran Pulau Savo yang melibatka pasukan Sekutu dan pasukan Jepang di Pulau Savo, Kepulauan Solomon berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama dua hari itu berakhir dengan kemenangan pasukan Jepang. Sebanyak 1.077 tentara Sekutu tewas dalam pertempuran tersebut, sedangkan Jepang hanya kehilangan 58 tentaranya.

1944
Serangan Vyborg–Petrozavodsk yang dilancarkan pasukan Uni Soviet di Finlandia berakhir. Atas serangan tersebut, Uni Soviet berhasil menaklukkan kawasan Karelia Timur dan Viborg.

Advertisement

Ledakan bom atom di Nagasaki, Jepang, 1945. (Bbc.co.uk)

1945
Amerika Serikat (AS) menyerang Kota Nagasaki Jepang dengan menjatuhkan bom atom dari pesawat pengebom B-29. Bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki itu diberi nama Fat Man. Serangan tersebut menewaskan sekitar 39.000 sampai 80.000 orang.

1965
Singapura secara resmi meraih kemerdekaan penuh dari Malaysia. Dengan begitu, pemerintah Singapura menetapkan 9 Agustus sebagai hari kemerdekaan.

Advertisement

2013
Amerika Serikat (AS) menarik diplomatnya yang bertugas di Lahore, Pakistan. Langkah tersebut dilakukan setelah adanya ancaman keamanan terhadap diplomat AS di Pakistan. AS juga mengeluarkan peringatan terhadap warganya agar menunda perjalanan ke Pakistan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Agustus

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif