Warga Buntung, Gerdu, Karangpandan, mendatangi gedung DPRD Karanganyar, Rabu (9/8/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos) Warga Buntung, Gerdu, Karangpandan, mendatangi gedung DPRD Karanganyar, Rabu (9/8/2017). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)
Rabu, 9 Agustus 2017 15:43 WIB Ponco Suseno/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

BENCANA KARANGANYAR
Tuntut Relokasi, Puluhan Warga Buntung Datangi DPRD 

Warga Buntung, Karangpandan, Karanganyar, yang pernah menjadi korban longsor menuntut relokasi.

Solopos.com, KARANGANYAR — Puluhan warga Buntung RT 002/RW 004, Gerdu, Karangpandan, mendatangi Kantor DPRD Karanganyar, Rabu (9/8/2017).

Puluhan warga itu meminta dukungan anggota DPRD Karanganyar agar mengusahakan bantuan relokasi dalam waktu dekat. Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, sebanyak 30 kepala keluarga (KK) di Buntung pernah menjadi korban longsor pada Februari 2012.

Hingga saat ini, warga Buntung itu mengaku masih mengalami trauma lantaran kondisi tanah di desanya rawan longsor susulan. Sesuai penelitian yang dilakukan Badan Geologi asal Bandung dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, puluhan rumah di Buntung tak layak huni.

Total ada 30 keluarga yang menjadi korban longsor pada Februari 2012. Dari jumlah tersebut, sembilan keluarga diketahui sudah relokasi secara mandiri.

Sisanya menunggu turunnya bantuan dari pemerintah kabupaten (pemkab). “Sebelum ke DPRD Karanganyar, kami sudah mendatangi kepala desa [kades], camat, BPBD Karanganyar, dan Dinas Sosial [Dinsos] Karanganyar. Hasilnya, sampai sekarang belum ada kepastian dukungan bantuan keuangan. Hari ini kami mendatangi DPRD Karanganyar,” kata Ketua RT 002 Buntung, Suradi, di Gedung DPRD Karanganyar, Rabu.

Suradi mengharapkan anggota DPRD Karanganyar dapat memperjuangkan bantuan bagi puluhan warga di Buntung yang siap direlokasi. Selama ini, rencana relokasi puluhan warga di Buntung selalu terbentur minimnya dana.

“Saat berlangsung hujan deras, kami selalu mengungsi di tempat aman. Tolong, ini menjadi perhatian dari anggota DPRD Karanganyar untuk memberikan bantuan keuangan,” katanya.

Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, mengaku siap memperjuangkan aspirasi dari warga Buntung yang minta relokasi. Sesuai rencana, bantuan ke puluhan warga Buntung dialokasikan saat pembahasan APBD perubahan mendatang.

“Besarnya bantuan akan dibahas nanti [saat pembahasan APBD Perubahan]. Prinsipnya, kami siap membantu warga Buntung, Gerdu, Karangpandan itu. Yang jelas, dari APBD segera dianggarkan. Selain APBD, semoga ada juga bantuan dari provinsi atau pusat,” katanya.

SMK MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Seni Rupa Solo dan Melindurisme

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (5/8/2017). Esai ini karya Halim H.D., seorang networker kebudayaan yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah halimhade@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Cara paling gampang untuk mengingat, apalagi dalam bentang sejarah, lihat saja jejak yang besar….