ilustrasi ilustrasi
Selasa, 8 Agustus 2017 08:22 WIB I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

NARKOBA JOGJA
Tidak Hanya Jammer, Sipir Lapas Khusus Bandar Narkoba Bakal Diseleksi Lebih Ketat

Narkoba Jogja, lapas khusus dipersiapkan

Solopos.com, JOGJA — Lembaga pemasyarakatan  (lapas)  khusus Bandar narkoba yang akan dibuat oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia nantinya akan dilengkapi dengan handphone jammer dan dipimpin oleh seorang yang memiliki kemampuan dan integritas tinggi.

Baca Juga : NARKOBA JOGJA : Lapas Khusus Bandar Narkoba Akan Dilengkapi Jammer

Kepala Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY AKBP Mujiyana menyambut baik rencana Kemenkumham karena menurutnya sekitar 60 sampai 70% peredaran narkoba di Indonesia selama ini dikendalikan dari dalam lapas.

Meski demikian, ia memberikan beberapa catatan agar nantinya lapas khusus tersebut bisa efektif memberantas peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam lapas. Catatan pertama yang menurutnya harus diperhatikan adalah peredaran handphone. Menurutnya salah satu penyebab bandar narkoba masih bisa mengendalikan bisnisnya dari dalam lapas adalah berkat adanya handphone.

“Penyakitnya di situ [handphone]. Nantinya harus dicari cara bagaimana caranya supaya alat komunikasi tidak bisa masuk ke dalam sehingga orang yang ada di dalam lapas benar-benar menjalani hukuman dan jera. Tapi kalau masih bisa memegang handphone,  mereka tetap bisa cari duit di lapas,” jelasnya, Senin (7/8/2017)

Hal berikutnya yang harus dilakukan, imbuhnya, adalah merombak sipir yang ada saat ini. Ia mengatakan sipir yang menjaga lapas khusus bandar narkoba harus diseleksi dengan ketat sehingga tidak mudah diiming-imingi suap oleh bandar narkoba.

“Selama masih ada handphone beredar dan sipir masih bisa disuap, peredaran narkoba dari dalam lapas tidak akan hilang,” tutupnya.

Lowongan Pekerjaan
PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
”Despacito” dan Nasib Lagu Sejenis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (3/8/2017). Esai ini karya Damar Sri Prakoso, Program Director Radio Solopos FM. Alamat e-mail penulis adalah damar.prakoso@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah melarang pemutaran lagu Despacito di lembaga penyiaran publik…