3 Robot LG (Technobufalo) 3 Robot LG (Technobufalo)
Selasa, 8 Agustus 2017 13:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

Korsel Jadi Negara Pertama yang Pungut Pajak Kepada Robot

Revisi pajak tersebut akan ditujukan pada penggunaan robot industri.

Solopos.com, SEOUL – Pemerintah Korea Selatan (Korsel) mengambil cepat dengan mengumumkan rencana untuk melakukan revisi aturan perpajakan. Perusahaan yang menggunakan robot di Korea Selatan, diketahui mendapatkan pemotongan pajak sekira 3% hingga 7% dari nilai investasi.

Dilansir The Korean Times, Selasa (8/8/2017), menurut salah seorang dari administrasi perpajakan Korsel, Moon Jae-In, hal itu dilakukan dengan tujuan untuk memangkas dampak pengurangan pajak bagi pelaku industri.

Revisi pajak tersebut akan ditujukan pada penggunaan robot industri. Selain dapat meningkatkan pendapatan pajak, alasan lainnya ialah agar masyarakat bisa mendapatkan lapangan pekerjaan yang lebih banyak.

“Meski kebijakan pajak tersebut tak secara langsung berkaitan dengan robot, namun bisa diartikan sama seperti kebijakan yang melibatkan otomatisasi di industri,” kata sumber dalam industri yang tak disebutkan namanya.

Sementara itu kebijakan pengurangan pajak bagi pelaku industri akan berakhir pada akhir tahun ini. Namun pemerintah menyarankan perpanjangan sampai akhir 2019 sambil menurunkan tingkat pengurangan pajak.

Saat ini tak ada negara lain yang secara resmi mengadopsi aturan soal pajak robot. Namun beberapa pemerintah, dan pakar teknologi memiliki masing-masing pendapat yang mengutarakan soal sisi positif dan negatif.

Salah seorang yang mendukung wacana tersebut ialah pendiri Microsoft, Bill Gates. Menurutnya, pemerintah juga seharusnya dapat membebankan pajak kepada robot karena telah mengambil peran manusia di kehidupan nyata.

“Bagi karyawan yang melakukan pekerjaan dengan gaji US$50.000, pendapatannya dikenai pajak. Jika robot melakukan hal yang sama, Anda akan berpikir bahwa kita akan mengenakan pajak yang sama,” kata Bill Gates.

Lowongan Pekerjaan
PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Isu Kemiskinan di Jawa Tengah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (8/8/2017). Esai ini karya Edy Purwo Saputro, dosen di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah E.Purwo.Saputro@ums.ac.id.  Solopos.com, SOLO–Pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018 telah memanas dengan munculnya sejumlah kandidat dari sejumlah…